Kenapa 1 menit itu 60 detik? Ngga 100 detik?

Kenapa 1 menit itu 60 detik, ngga 100 detik? Kenapa harus 60? Terima kasih pada bangsa babilonia akan hal itu. 60 detik diciptakan untuk memudahkan penghitungan waktu. Kenapa bisa mudah? Angka 60 adalah angka yang bisa banyak dibagi angkanya dibanding 100.

60 bisa dibagi 2, 3, 4, 5 sampe 6. Jadi begitu halnya kalo kita nanya jam berapa sekarang sama orang. Ngga perlu kerepotan. Kita bisa bagi setengah jam, sepertiga jam, seperempat jam, seperlima jam sampe 10 menit.

Sedangkan kalo satu jam itu 100 menit, waktu akan jadi lebih sulit dibaginya. Karena cuma bisa secara bulat dibagi 2, 4, 5 dan 10 sendiri.

Tapi, kenapa satu hari itu 24 jam, bukan 60 jam?

Alasannya karena bangsa babilonia menggunakan basis 12 dalam sistem penghitungan mereka. 12 mereka adalah 10 bagi kita sekarang. Tapi kenapa 12? 12 adalah angka yang sangat mudah dibagi. Dan menjadi alasan yang sangat masuk akal bagi mereka untuk mendefinisikan waktu berdasarkan angka 12.

Oleh karenanya bangsa babilonia mendefinisikan rentang waktu antara matahari terbit dan terbenam menjadi 12 bagian. Yang kemudian menjadi satu hari adalah 24 jam, yang menjadi asal-usulnya penghitungan waktu kita sekarang, yang berdasarkan kelipatan angka 12, termasuk alasan kenapa 1 menit itu 60 detik.

Pada tahun 1794 di perancis pernah ada usulan untuk membagi waktu sehari menjadi 10 jam, 100 menit dan 100 detik berdasarkan sistem bilangan desimal. Tapi usulan tersebut gagal dengan alasan yang sudah jelas. Sulit untuk dibagi dan orang saat itu sudah terbiasa dengan sistem penghitungan yang sudah ada.

Sekali lagi kita perlu berterima kasih pada bangsa babilonia dan peradaban kuno lainnya, karena dengan sistem mereka kita jadi lebih gampang untuk bertanya jam sama orang tanpa perlu ngitung pake kalkulator.

Jadi jam berapa sekarang? Saya sudah harus pergi, terima kasih.

References

Credits

Advertisements

3 Comments Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s