Kenapa Bumi Itu Bulat, Ngga Kotak?

Kenapa bumi itu bulat? Ngga kotak? Ini seperti pertanyaan yang bodoh, tapi justru banyak dari kita yang menerima mentah-mentah saja fakta bahwa bumi itu bulat. Kenapa ngga kotak?

Hal yang menyebabkan bumi itu bulat, pendeknya adalah gravitasi. Semua yang punya massa di dunia ini, pasti juga punya gravitasi. Termasuk mobil, pohon dan orang.

Dalam hukum gravitasi: massa menarik massa yang lainnya. Itu sebabnya kenapa bumi mengorbit matahari, dan bulan mengorbit bumi: Karena massa yang saling menarik.

Ketika bumi pertama terbentuk pada 4,5 milyar tahun yang lalu, material debu dan gas saling menarik untuk membentuk bumi. Yang kemudian menjadikan bumi sebuah planet yang solid. Tapi kenapa bentuknya lingkaran? Ngga kotak?

Karena lingkaran, adalah bentuk yang paling efisien, bagi material untuk saling menarik. Sedangkan kotak, memiliki sudut-sudut yang lebih jauh dijangkau oleh gravitasi. Maka secara natural, bentuk bumi pasti membentuk bulat. Ngga mungkin kotak.

Tapi kenapa mobil, pohon dan orang bentuknya ngga bulat? Padahal mereka juga punya gravitasi?

Karena, gravitasi mereka, tidak sebesar bumi. Jadi sangat mungkin bagi mereka untuk membentuk sudut-sudut lancip seperti bentuk kotak. Begitu halnya juga asteroid yang jarang memiliki bentuk bulat. Karena tarikan material gravitasi mereka, tidak sebesar bumi. Oleh karena itu, bentuk bulat itu pun, kemudian menjadi salah satu syarat bahwa objek langit itu dapat disebut planet atau tidak.

Tapi, setelah melihat video ini, bukan berarti semua objek bulat itu memiliki gravitasi yang kuat. Perlu dilihat perspektifnya. Jadi jangan salahkan bakso dan bola basket yang disangka punya tarikan gravitasi kuat, hanya karena bentuk mereka yang bulat.

References

Credits

  • Nicolas Ramallow for Earth vector
  • Ben King for Earth Vector
  • Grant Taylor for Tree vector
  • Amelia Watenberger for Car vector
  • Charlerik Lemieux for Basketball vector
Advertisements

6 Comments Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s