Kenapa Kita Ciuman?

Kenapa kita suka ciuman? Kenapa kita ngga nempelin idung, atau nempelin jidat aja? Kenapa? Jawaban pendeknya, kita belum benar-benar tau apa sebenarnya alasan konklusif kenapa kita berciuman.

Ada satu teori yang bilang bahwa itu semua berakar dari saat kita masih bayi. Saat kita masih bayi, kita ngga bisa nguyah makanan, karena belom punya gigi. Inget, jaman dulu juga belom ada yang namanya bubur bayi. Lalu, ibu kita lah yang menguyah makanan itu dan memasukkan makanan tersebut ke mulut kita, dengan cara seperti ciuman.

Tapi ada juga ilmuwan yang berpendapat bahwa ciuman adalah perilaku yang kita pelajari, alias bukan insting dari kita lahir. Contohnya gara-gara 99% film hollywood yang punya adegan ciuman, kita jadi pengen nyoba ikutan.

Tapi apapun alasannya, manusia sudah melakukan ritual ciuman ini sejak dari 3500 tahun yang lalu. Dan 90% dari budaya masyarakat di seluruh dunia melakukan ciuman. Tapi bukan artinya kita harus nyium orang sembarangan. Ngga. Karena ciuman juga dapat menjadi media penyaluran penyakit menular, seperti misalnya penyakit Herpes.

Tapi jika dilakukan dengan orang yang benar, maka ciuman dapat meningkatkan Epi-nephrine dan Nore-phine-phrine kita, membuat efek seakan kita seperti habis olahraga. Yang baik untuk jantung kita. Selain itu ciuman terbukti juga dapat menurunkan tingkat stress dan kolesterol kita secara keseluruhan.

Jadi kesimpulannya, apakah kita perlu mengganti ciuman dengan menempelkan hidung saja? Itu terserah anda.

References

Credits

  • Iconoci for Kiss vector
  • Matthew Clarke for TV vector
  • Catherine Please for Heart vector
Advertisements

2 Comments Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s