Kenapa Kita Suka Banting Barang Ketika Marah?

Sudah berapa tong sampah yang kita tendang, remot tv yang terbang dan meja yang kita gebrak akibat gejolak amarah kita? Kenapa kita suka merusak barang ketika kita marah?

Banting barang ketika marah, pendeknya, adalah penyaluran dari amarah kita. Kita marah, karena kita frustasi, kecewa terhadap keadaan yang ada. Kalau dibiarkan terus, kita akan stress. Maka kita mengeluarkannya dari diri kita dengan cara, membanting barang.

Selain itu, faktor kenapa kita marah adalah juga karena kita merasa tak punya kontrol akan keadaan yang terjadi. Dengan tindakan agresif seperti membanting barang, dapat memberikan kita ilusi bahwa kita memegang kontrol, terhadap keadaan.

Tentu saja membanting barang dapat memuaskan kita secara emosional. Di dalem hati kaya bilang “Puas!”. Dibandingkan dengan kita hanya duduk diam saja menahan amarah sambil menggerutu.

Tapi, hal tersebut juga akan sangat merugikan kita di jangka panjang. Selain kita bakal sering ganti remot tv yang rusak gara-gara dilempar, kita juga akan dapat membahayakan orang-orang sekitar kita jika hal tersebut menjadi kebiasaan. Bayangkan, yang awalnya kita hanya suka melempar remot tv, kemudian diganti menjadi pisau dapur yang dapat melukai orang lain. Hal tersebut dapat membuat kita masuk berita kriminal di tv nasional.

Jadi, selalu pahamilah diri kita ketika marah dan coba sebisa mungkin untuk tenang. Kalau masih juga tak bisa ditahan, gantilah remot tv kita, dengan body bag tinju.

References

Credits

  • Michela Tannoia for Trash vector
  • Arthur Shlain for TV remote vector
  • Mister Pixel for Desk vector
  • Scott Lewis for Knife vector
  • Cris Dobbins for Boxing bag vector
Advertisements

3 Comments Add yours

  1. Saeful says:

    izin shere ya,,bagus bnget artikel nya

    Like

  2. Rafly nsi says:

    Kak itu pake aplikasi apa?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s