Gimana Awan Bisa Terbentuk?

Awan itu kalo dipikir enak banget, selalu ada diatas kita buat nutupin panas terik matahari indonesia yang tau sendiri kaya gimana. Tapi, gimana awan itu bisa ada disana? Gimana caranya awan bisa terbentuk?

Nah, untuk mahamin gimana caranya awan itu terbentuk, coba perhatiin deh, apa yang terjadi ketika air dalam panci yang tertutup, dipanaskan di atas kompor. Airnya bakal mendidih. Nah lalu jika kita buka tutup pancinya, dan kita amati, maka akan ada titik-titik air disana. Ini terjadi karena saat air dipanaskan, air akan berubah fase, menjadi uap, melalui proses yang kita kenal dengan nama: penguapan.

Proses menguapnya air ini memindahkan uap ke atas, menuju tutup panci. Ketika uap telah mencapai titik jenuh, ia pun berubah sebagai titik-titik air melalui proses yang kita kenal dengan proses pengembunan.

Jadi, ya, awan itu adalah kumpulan titik-titik air yang melayang-layang di atmosfer dalam jumlah yang sangat banyak. Dan sekarang, bayangkan air dalam panci tersebut adalah lautan, dan kompornya adalah matahari. Ya, jadilah awan.

Di dalam awan itu sendiri, tidak hanya terdiri dari uap atau gas saja, tapi bercampur-baur juga dengan air dan es. Lalu, jika di dalam awan itu sudah banyak partikel airnya, dan butirannya sudah besar-besar, maka mereka akan jatuh ke bawah sebagai hujan.

Jadi ya, sangat menakjubkan. Awan adalah ibarat mesin hidrologi yang berguna menyebarkan energi panas di atmosfer secara merata. Dari tempat yang kelebihan energi panas kaya di indonesia, ke tempat yang dingin kaya di eropa. Jadi, selain kita mengeskpor kelapa sawit, kopi dan TKI. Ya, kita juga merupakan negara pengekspor awan. Terima kasih.

 

References

Credits

  • Egyanosoma for scripts
Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s