Kenapa Bendera Indonesia Merah Putih? Ngga Merah Ijo?

Selamat hari kemerdekaan indonesia! Dalam video kali ini kita akan membahas kenapa bendera kita merah putih. Meskipun selalu kita hormatin tiap hari senen pas upacara dengan mata yang ngantuk. Masa sih kita ngga pernah bertanya, kenapa bendera indonesia itu merah putih? Kenapa ngga merah ijo?

Asal muasal warna merah putih bisa dikatakan datang dari jaman kerajaan majapahit. Warna panji yang mereka gunakan kala itu memiliki warna yang sangat mirip, dengan bendera indonesia. Meskipun keliatannya juga sedikit mirip dengan bendera amerika ya… Tapi apapun itu, warna merah putih ini ternyata sudah digunakan setua-tuanya sejak abad ke-13, dan kemudian kerap digunakan oleh beberapa kerajaan lain semenjak itu.

Kemudian baru pada abad ke-19, pangeran siapa lagi kalau bukan, pangeran diponegoro, yang jaman dulu mukanya sering banget muncul di duit seribuan yang biasa digunain anak SD buat jajan. Menggunakan panji-panji merah putih untuk melawan londo atau penjajah pada perang jawa, sebelum bendera merah putih luas digunakan. Jadi ya, pangeran diponegoro merupakan salah satu hipster dalam urusan ini.

Lalu pada abad ke-20, bendera merah putih ramai digunakan oleh para nasionalis dan kaum pemuda sebagai bentuk perlawanan terhadap belanda. Bahkan, ada satu teori yang bilang bahwa bendera merah putih kita ini asal-usulnya datang dari bendera belanda, yang dirobek bawahnya. Warna biru dalam bendera belanda, dianggap sebagai simbol dari “orang-orang berdarah biru” yang artinya para aristokrat belanda. Sebagai bentuk perlawanan, para pejuang kita merobek bagian biru sebagai simbol Indonesia merdeka dari jajahan Belanda. Seperti yang terjadi pada Insiden Hotel Yamato pada 18 November 1945, yang kemudian menjadi cikal bakal pertempuran besar Surabaya.

Tapi seriusnya, kita semua pasti udah diajarin dan tahu arti merah putih itu berani dan suci. Tapi ternyata, warna merah putih ini disebut juga berasal dari warna merah gula jawa, yang dari namanya sih merah tapi sebenernya warna aslinya kecoklatan, dan putih nasi. Yang dimana kedua bahan ini adalah bahan utama masakan di Indonesia, terutama di pulau jawa. Kemudian mungkin inilah, kenapa alasan orang Indonesia, sangat sekali doyan makan, karena asal warna benderanya aja, ngga jauh-jauh dari tema makanan.

Jadi, sekali lagi selamat hari kemerdekaan Indonesia yang ke-70! Ayo kita sama-sama merayakannya dengan semakin cinta sama negara kita yang indah ini, apalagi dengan sejarahnya dan makanannya yang mengagumkan, dan terakhir jangan lupa, untuk berpartisipasi lomba makan krupuk pada saat 17an nanti. Terima kasih.

 

References

Advertisements

3 Comments Add yours

  1. wiaryadhi says:

    Reblogged this on Widhi Arya and commented:
    ijin sedot gan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s