Kenapa Rupiah Melemah? (Explained)

Berapa kurs rupiah hari ini? Apakah anda kaget melihat angkanya? Karena emang rupiah kita sekarang sedang mengalami rekor terburuknya sejak dari tahun 98! Makanya, akhir2 ini suka muncul pertanyaan seperti yang ditanyakan Bintang ini: Apa sih sebenernya penyebab rupiah kita melemah? Apakah itu salah pemerintahan om jokowi? Ataukah itu salah si tukang bakso langganan kita yang akhir2 ini sering naikin harganya terus?

Secara garis besar, faktor utamanya, adalah karena perbaikan ekonomi Amerika Serikat. Singkat cerita, ekonomi amerika ngalamin krisis, dulu pada taun 2008. Lalu, mereka semenjak itu memperbaiki ekonomi mereka dengan berbagai kebijakan, sehingga hasilnya sekarang, dollar menguat. Kemudian akibat dollar yang menguat, dan beberapa kebijakan amerika yang akan kita bahas nanti, membuat mata uang negara-negara lain tertekan dan akhirnya melemah. Dan salah satunya, adalah rupiah kita! Ya, duit yang biasa kita pake buat beli bakso!

Amerika, memperbaiki ekonominya dengan sebuah paket kebijakan, yang bahasa ekonomi ribetnya, adalah “Quantitative Easing”. Yang pendeknya adalah menyuntikkan dana stimulus untuk membangkitkan gairah ekonomi mereka dari terpaan krisis. Mereka, dalam tanda kutip, memompa dollar baru terus, yang kemudian digunakan sebagai stimulus ekonomi yang diharapkan dapat memutar ulang perekonomian mereka. Yang kemudian, oleh para investor dananya banyak diinvestasikan ke negara-negara berkembang, seperti ke Indonesia.

Kemudian, setelah ekonomi mereka membaik akibat stimulus tersebut, mereka pun mengeluarkan lagi kebijakan lanjutan bernama “Tappering off”. Yang pendeknya adalah, memotong, dana, stimulus tersebut. Kemudian, karena dana stimulus tersebut dipotong, banyak dari para investor akhirnya hengkang, dan pulang ke Amerika lagi. Membuat dolar jadi pulang kampung. Akibatnya? Jumlah dollar jadi sedikit, dan nilainya pun jadi makin berharga. Dan itu menekan mata uang global, khususnya bagi negara-negara berkembang, termasuk indonesia, yang tadinya ngerasain dana stimulus dari para investor, kemudian tiba-tiba jadi ilang.

Lalu, akibat dollar yang menguat, perekonomian global pun jadi lesu. Selain itu juga seperti Cina yang perekonomiannya sedang melambat dan masih banyak faktor lainnya lagi. Menyebabkan komoditas ekspor andalan indonesia kayak batu bara, kelapa sawit dan karet, jadi sepi peminat. Apa akibatnya? Neraca perdagangan kita anjlok! Faktanya sendiri pun, udah tiga tahun berturut2 neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit. Ekspor kita lesu, sedangkan impor jalan melulu.

Artinya, ya, pendeknya pelemahan ini disebabkan karena perbaikan ekonomi amerika, dan dikontribusikan oleh neraca perdagangan kita. Yang sekarang kita tahu, ngga cuma di Indonesia, tapi juga melanda banyak negara. Bahkan, banyak yang lebih parah dari Indonesia. Tapi tentu saja, video ini sangat mensimplifikasi keadaan yang ada, dengan tujuan biar mudah dipahamin. Karena sesungguhnya ekonomi adalah ilmu yang ribet. Jadi ya, silahkan baca2 lagi setelah nonton video ini! Dan jangan salahkan si tukang bakso langganan kita karena ini bukan salah dia! Terima kasih.

 

References

Advertisements

4 Comments Add yours

  1. Lius says:

    Hi,

    Saya kagum dengan video”nya, kontennya sangat menarik dan edukasional.
    Mau tanya,KokBisa Channel menerima private project?
    Kalau iya, saya ada projek dan berniat menggunakan jasa KokBisa Channel.
    Balas ke email saya ya untuk diskusi lebih lanjut.

    Thanks

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s