Kenapa Di Kepala Kita Sering Terngiang Lagu?

Apakah pernah sebuah lagu terus menyangkut di otak anda? Dan lagu tersebut membuat anda frustasi karena lagu tersebut seringkali alay? Jangan merasa sendirian. Nyatanya 91% dari kita, mengalaminya tiap minggu, dan fenomena ini disebut sebagai earworm. Peristiwa earworm ini memang banyak dipertanyakan orang, dan salah satunya, oleh Ricky Jonas yang malang ini. Dimana dia dengerin Lingsir Wangi, dan ngga ilang-ilang di kepalanya, selama dua hari, hingga akhirnya bertanya kenapa bisa begini. Tapi langsung saja ke pertanyaannya, bagaimana earworm, bisa terjadi?

Fenomena earworm, meskipun sering terjadi, ternyata masih menjadi sebuah misteri. Hal ini dikarenakan Earworm merupakan reaksi yang tak disengaja terjadi, di dalam otak kita. Seperti halnya tetangga kita yang sering nyelenggarain acara joget dangdut keras-keras, sehingga kita mau ngga mau ngga sengaja ikut dengerin, dan akhirnya kita ikutan kena earworm dangdut.

Tapi kemudian seorang peneliti bernama, Elizabeth Margulis, mencoba memecahkan misteri ini melalui penelitiannya. Ia mengamati, bahwa ternyata Earworm, ada hubungannya dengan area motorik di dalam otak kita. Meskipun belum ada kesimpulan yang konklusif, tapi penelitiannya menjelaskan, bahwa ternyata otak kita bekerja layaknya, dalam tanda kutip, seperti seorang anak jenius. Setelah beberapa kali diputarkan notasi yang sama, otak kita ternyata langsung bisa menghafalnya. Lalu, ketika otak kita kemudian mendengar rangsangan dengan notasi serupa, otak kita bisa langsung memprediksi pola notasi selanjutnya seakan mengerjakan rumus matematika. Hal ini disebabkan oleh fungsi korteks motorik otak kita yang biasa merespons dan memperkirakan berbagai tindakan kita, sebagai manusia.

Fenomena earworm sendiri pun ternyata, sudah dikenal sejak dulu oleh manusia. Suku Aborigin di Australia, dikatakan telah memanfaatkan earworm, untuk membantu mereka memburu hewan, di padang pasir. Bagaimana caranya? Suku Aborigin menggunakan earworm, untuk menghafal arah mati angin, melalui lagu etniknya. Analoginya seperti kita yang menghafal alfabet, dengan lagu A B C D E, sehingga terus teringat di otak kita. Sangat kreatif. Beri tepuk tangan untuk mereka. *Ehem* Beda sekali dengan manusia sekarang yang sudah menggunakan teknologi, tapi masih bingung mana kanan, dan mana kiri.

Jadi ayo berbagi penderitaan earworm kita, dengan menulis komen dibawah, lagu apa yang anda earwormkan akhir-akhir ini? Yang ngga bisa ilang-ilang dari kepala meskipun udah mandi tiga kali hari ini. Dan seperti biasa. Terima kasih.

 

References

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. @kokbisachannel min kenapa ya api panas dan es dingin?? Semua orang tahu api panas dan es dingin tapi sulit untuk dijelaskan

    Like

  2. @kokbisachannel kenapa sampah bau??

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s