Bagaimana Déjà vu Bisa Terjadi?

Pernahkah anda datang ke suatu tempat untuk pertama kalinya, dan merasa familiar dengan tempat tersebut? Dalam bahasa Perancis, berulangnya sebuah kejadian seperti itu, disebut sebagai Deja Vu. Tapi, mengapa Deja Vu bisa terjadi? Apakah kehidupan kita ini seperti halnya sinetron yang ceritanya suka diulang-ulang lagi? Tapi yang jelas, banyak dari kita mengalami hal ini, dan salah satunya, seperti yang ditanyakan oleh Ryan David ini. Jadi langsung saja, mengapa Deja Vu bisa terjadi?
Hingga saat ini, terdapat 40 teori, yang mencoba menjelaskan mengapa Deja Vu bisa terjadi. Salah satu teori menjelaskan bahwa Deja Vu ternyata berkaitan dengan epilepsi. Menurut teori ini, Deja Vu terjadi, karena kejang yang terjadi pada bagian lobus temporal otak manusia, seperti yang terjadi ketika orang sedang mengalami epilepsi, yang kemudian mengakibatkan hilangnya konsentrasi secara penuh, dan akhirnya membuat orang mengalami dejavu.
Kemudian teori lain yang menjelaskan Deja Vu, adalah teori Familiarity Based Recognition. Intinya, teori ini menjelaskan bahwa Deja Vu, terjadi karena kita tidak mengenali obyek yang kita temui, secara penuh. Contohnya suatu hari kita ada di suatu tempat, dan melilhat seseorang mengenakan baju yang menarik perhatian kita. Kemudian besoknya kita pergi tempat lain, dan ternyata kita melihat seseorang mengenakan baju yang sama. Kemudian tiba-tiba muncul rasa familiar kita, dengan tempat tersebut, kita merasakan seperti sudah pernah pergi ke tempat tersebut, padahal kita baru pertama kali ke sana.
Menurut penelitian, ternyata Deja Vu sering dialami oleh orang yang sering jalan-jalan, sering nonton film, dan sering bermimpi. Itu terjadi karena mereka banyak mengingat obyek-obyek dalam pengalaman mereka, sehingga umumnya ketika mereka menemui situasi baru, obyek-obyek tersebut membuat mereka akhirnya dejavu.
Jadi, apakah video ini membuat anda dejavu juga? Bahwa anda merasa pernah menonton video ini sebelumnya? Daripada dejavu sendirian, lebih baik ceritakan pengalaman dejavu anda dibawah. Dan seperti biasa, terima kasih.

References

  • Cleary,. Anne M. 2008. Recognition Memory, Familiarity, and De Javu Experiences. Thousand Oaks : Sage Publications, Inc. 6.
  • Schillace ,. Brandy Lain. 2009. “Temporary Failure of Mind”: Déjà Vu and Epilepsy in Radcliffe’s “The Mysteries of Udolpho”. Baltimore : The Johns Hopkins University Press. 16.
  • Lazerson,. Barbara Hunt. 1994. Déjà vu. Durham : Duke University Press. 10.
Advertisements

2 Comments Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s