Apa Itu Sleep Paralysis?

Apa itu Sleep Paralysis atau Tindihan?

hii… lagi asik-asik tidur kok tiba-tiba kebangun gan, udah gitu pas kebangun malah ngeliat sosok aneh hiii…  hal itu disebut sleep paralysis atau tindahan gan, dan ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah lho. tapi kenapa ya bisa terjadi? kok bisa ya kita ketindihan gitu? dah gitu kenapa ya bisa muncul sosok aneh-aneh? hii…
Nah, daripada agan bingung, yuk disimak



Apa itu Sleep Paralysis?

Pernahkah ketika kita terbangun dari tidur, dan tubuh kita tak bisa digerakan? Kemudian seringkali juga ketika kita melihat sosok aneh disekitar? Tenang, fenomena tersebut wajar terjadi, dan itu disebut sebagai sleep paralysis, atau bagi orang Indonesia, disebutnya sebagai, tindihan.

Menurut penelitian, 20 hingga 45% dari kita setidaknya pernah mengalami sleep paralysis sekali dalam hidup kita  Kemudian, mengapa sleep paralysis bisa terjadi? Apakah itu benar disebabkan oleh makhluk gaib yang iseng?

 



Ternyata gara-gara kebangun di saat kurang tepat !

Pendeknya, Sleep paralysis terjadi ketika kita bangun ditengah-tengah fase tidur kita, yang bernama fase REM  Fase REM ini, adalah fase dimana kita sedang asyik bermimpi (tonton bagaimana fase-fase tidur di bit.ly/tidurcape ). Pada fase ini juga, otak kita meng-istirahat-kan otot-otot tubuh kita, dengan kata lain melumpuhkan sementara tubuh kita, sehingga kita tak dapat bergerak-gerak ketika kita sedang bermimpi.

Ketika kita bangun ditengah-tengah fase ini, misalnya gara-gara si tukang bakso langganan kita yang malem-malem berisik suka teriak-teriak nyari pelanggan sehingga membuat kita bangun. tunggu.. tukang bakso apaan ya malem-malem? Akibatnya adalah sleep paralysis. Dimana kita terbangun sadar, tetapi kita tak bisa bergerak sama sekali, belum lagi dibayang-bayangi oleh halusinasi tidak jelas, yang sebetulnya, itu adalah hasil halusinasi dari mimpi kita sendiri.

 


Di luar negri ternyata ada sleep paralysis juga gan!

Tidak hanya orang Indonesia saja. Sleep Paralysis sendiri adalah fenomena yang dikenal luas dalam sejarah peradaban di seluruh dunia. Contohnya seperti dalam legenda masyarakat Skandinavia, yang menganggap sleep paralysis adalah perbuatan sebuah makhluk cilik yang bernama “Mare”.

Kemudian ada juga suku Eskimo di Alaska, yang percaya bahwa sleep paralysis, adalah roh manusia yang tak bisa kembali ke tubuhnya, ketika seseorang terbangun di tengah-tengah tidur. Dan tentu saja, masih banyak lagi cerita lainnya, yang tak bisa dibahas disini satu persatu.

 


Terjawab!

terjawab sudah!! ternyata ga lebih dari bangun di fase tidur yang ga tepat. Oleh sebab itu selalu tidur di tempat yang betul, jangan tidur di sofa ruang tamu dan jangan lupa, cek kolong tempat tidur agan-agan ya hihihihi

 

 

As Seen on Kaskus :

http://www.kaskus.co.id/thread/56324c87c2cb1752558b4567/apa-itu-sleep-paralysis-atau-tindihan-explained-with-animation


References

Advertisements

3 Comments Add yours

  1. Zhevioline says:

    Kenapa kita punya tanda lahir? Apa sebenernya asal mula tanda lahir itu?

    Like

  2. Zhevioline says:

    Kenapa kita punya tanda lahir?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s