Mengapa Kita Buang Angin?

Apa dan Kenapa Kita Buang gas/kentut?

Pernahkah saat-sedang-makan-dengan pacar, anda buang angin secara tak sengaja ?. Nggak hanya membuat anda malu, tapi juga membuat pacar anda mabuk karena baunya. Peristiwa keluarnya gas dari tubuh manusia ini disebut sebagai buang angin atau kentut. Meskipun sudah biasa, peristiwa ini masih banyak dipertanyakan, seperti yang ditanyakan oleh Minijoo ini.



Apa Itu Buang Gas?

Pernahkah saat sedang makan dengan gebetan, agan buang angin secara tak sengaja? yakin ini bikin gebetan ilfil, kecuali ga bunyi. Peristiwa keluarnya gas dari tubuh manusia ini disebut sebagai buang angin atau kentut (ya iyalah) Meskipun sudah biasa, peristiwa ini masih banyak dipertanyakan.. kenapa ya bisa terjadi? emang kita makan angin ya? simak yuk 😀




Begini ternyata prosesnya!

intinya, buang angin itu terjadi karena manusia harus melepaskan gas dalam tubuhnya. Contohnya, saat kita lagi asik makan bakso, ga cuma bakso dan kuahnya yang agan makan tetapi angin yang berada di sekitarnya-, ikut masuk (berarti beneran makan angin gan)

Kemudian, saat bakso masuk ke dalam usus untuk diolah menjadi nutrisi, mikroba bersama tubuh kita, menghasilkan senyawa bernama gas hidrogen sulfida

Gas hidrogen sulfida ini memiliki bau seperti telur busuk, karena faktanya ia banyak mengandung belerang, sebuah senyawa berbau tidak enak yang sering kita temui di wilayah pegunungan.

Kemudian, gas tersebut mencari jalan keluar kebawah, bukan keatas, karena terdorong oleh gerak peristaltik usus, meluncur dengan kecepatan tinggi dan menggesek dinding anus, sehingga muncullah bunyi. Sebuah fenomena yang kita sebut sebagai kentut.



Tapi ada ga si gan manfaat kentut? atau cuma gitu aja kelepasan? kalau ditahan gimana?

Jangan salah, menurut penelitian dari Universitas Exeter, di Inggris. nahan kentut itu super bahaya gan!  gas kentut ini ternyata dapat membantu kita melawan penyakit seperti stroke, gagal jantung, diabetes, dementia hingga arhtritis.

Manusia ternyata rata-rata buang angin sebanyak 14 kali dalam sehari. Bahkan, banyak orang yang buang angin lebih dari itu atau jangan-jangan agan kentut lebih banyak dari itu tapi ga terasa?


Nah, terjawab sudah!
Jadi, menahan ada baiknya kita melepaskan gas tersebut, tapi tetap jaga kesopanan agar tidak terjadi polusi udara di sekitar kita 😀

 

 

As Seen on Kaskus : http://www.kaskus.co.id/thread/563ac73b5a51636b258b456e/apa-dan-kenapa-kita-buang-gas-kentut-explained-with-animation


References

Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s