Bagaimana Sebenarnya Tahi Lalat Terbentuk?

Menurut penelitian, setiap orang rata-rata memiliki 10 hingga 40 buah tahi lalat di seluruh tubuhnya. Tapi, seperti yang ditanyakan Fahry ini, bagaimana tahi lalat sebenarnya terbentuk?

Dalam dunia medis, tahi lalat disebut sebagai nevus. Tahi lalat terbentuk saat sel Melanosit berkumpul dalam satu bagian di kulit kita. Warna kulit tempat sel Melanosit berkumpul ini, kemudian membuat warna kulit kita semakin menghitam dari warna aslinya, seiring makin seringnya kita terpapar oleh sinar matahari.

Singkatnya, banyaknya tahi lalat di tubuh kita, banyak dipengaruhi oleh gen yang diwarisi dari orangtua kita. Tapi, tahi lalat juga bisa menandakan kulit kita rentan terserang kanker kulit melanoma. Kanker kulit melanoma dapat tumbuh di dalam dan sekitar tahi lalat. Oleh karenanya, kita harus berhati-hati dan memeriksakan diri ke dokter jika menemui tahi lalat yang terus membesar di tubuh kita.

Ya, jadi sekarang kita tahu bahwa ternyata tahi lalat tidaklah berasal dari lalat yang sengaja membuang kotorannya di tubuh kita. Dan seperti biasa, terima kasih.

 

References

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s