Apa Yang Akan Terjadi Jika Matahari Tiba-Tiba Lenyap?

Matahari, adalah sebuah obyek kesayangan kita di tata surya, yang menjadi salah satu sumber utama kehidupan kita. Tapi, apa jadinya, jika tiba-tiba besok, matahari kita ini, tiba-tiba menghilang? Apa yang akan terjadi pada kita?

Pertama-tama, jika matahari tiba-tiba hilang kita tidak akan menyadarinya selama kurang lebih 8 menit, karena itu adalah waktu bagi cahaya matahari, untuk bisa sampai ke bumi. Setelah 8 menit tersebut, langit kita akan terlihat sangat gelap dan hanya akan disinari oleh cahaya dari galaksi kita.

Pada minggu pertama, suhu temperatur permukaan bumi akan jatuh mulai dari 0 hingga -17 derajat celcius. Dan dalam setahun, -73 hingga -100 derajat celcius. Akibat dari suhu tersebut, permukaan laut akan sepenuhnya beku dan para nelayan ilegal akhirnya akan kehilangan pekerjaannya. Kabar baik lainnya, akhirnya orang Indonesia akan merasakan salju di halaman rumahnya. Kabar buruknya, penjualan kipas angin mungkin akan mengalami penurunan drastis.

Akibat tak adanya cahaya matahari, banyak tumbuhan pun akan mati dalam beberapa minggu karena tidak mampu berfotosintesis. Hewan pun akan mati karena kehilangan tumbuh-tumbuhan sebagai sumber makanannya. Belum lagi ditambah suhu ekstrim yang membuat peluang bertahan hidup, semakin menipis. Oleh karena itu, diprediksikan, hanya mikroorganisme saja lah yang bisa bertahan hidup, dalam kondisi ekstrim seperti ini. Sedangkan manusia mungkin masih bisa bertahan hidup di bawah laut memanfaatkan panas dari inti bumi atau menetap di tempat yang memiliki energi panas.

Meskipun kita seringkali membenci matahari karena takut membuat kulit kita menjadi gelap. Tapi sekarang kita sadar bahwa betapa pentingnya matahari bagi kehidupan kita semua. Dan seperti biasa, terima kasih.

 

 

References

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. dwi says:

    Tanya min.
    knp fatamorgana seolah olah ada genangan air n bagaimana itu bs terjadi?

    Like

  2. downfallofgaia says:

    Dengan perhitungan matematis, bisa gak dihitung kapan kira-kira matahari akan terbit di sebelah barat? *just kiddin’* 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s