Apakah Benar Jumlah Perempuan Lebih Banyak Daripada Laki-laki Di Dunia Ini?

Seringkali kita mendengar orang berpendapat bahwa jumlah perempuan itu lebih banyak daripada laki-laki atau sebaliknya. Tetapi, jika dipikir-pikir, yang mana, yang sebetulnya benar?

Pendeknya, menurut penelitian PBB pada tahun 2015, jumlah laki-laki di dunia ini, ternyata lebih banyak daripada perempuan, dimana ada 101 laki-laki pada setiap 100 perempuan di dunia ini, atau sekitar 50 juta lebih banyak laki-laki di dunia ini dibandingkan perempuan. Sungguh mengerikan bagi laki-laki yang masih single hingga sekarang. Tetapi, pertanyaan selanjutnya, apa yang menyebabkan jumlah laki-laki lebih banyak di dunia ini?

Tak seperti yang dikira banyak orang, secara natural, peluang kelahiran jenis kelamin laki-laki itu lebih tinggi daripada perempuan. Tetapi, bayi laki-laki lebih rentan keguguran dan terserang penyakit dibandingkan bayi perempuan. Kemudian saat tumbuh dewasa pun, laki-laki juga dituntut untuk bekerja keras, mengambil resiko, hingga ikut berperang sehingga harapan hidupnya pun, rata-rata lebih pendek dibandingkan perempuan.

Selain itu, ada juga faktor budaya dalam masyarakat. Seperti misalnya, di banyak negara di Asia dan di Timur Tengah, laki-laki lebih diinginkan dibandingkan perempuan, karena dianggap lebih dapat mempertahankan garis keturunan keluarga, hingga lebih dapat mampu menafkahi keluarga dibandingkan perempuan. Kecenderungan tersebut di beberapa negara sangatlah kuat, seperti misalnya di negara Tiongkok dan India. Bahkan, di negara seperti Uni Emirat Arab, jumlah laki-laki di sana hampir 3 kali lipat lebih banyak, dibandingkan jumlah perempuan, meskipun itu banyak disebabkan juga oleh faktor migrasi tenaga kerja laki-laki dari seluruh dunia ke negara tersebut.

Tetapi kebalikannya, di negara-negara bekas Uni Soviet, jumlah perempuan lebih banyak dibandingkan jumlah laki-laki. Alasan utamanya, adalah faktor sejarah Uni Soviet dulu, yang negaranya mengalami banyak sekali konflik, sehingga jumlah laki-laki di sana teruslah menurun.

Tetapi, menurut Fisher’s Principle, perbandingan jumlah jenis kelamin makhluk hidup akan terus berada di keadaan yang seimbang, karena kita secara natural akan menyesuaikan dengan keadaan tersebut, sehingga terus terjadi keseimbangan di dunia ini.

Fakta baiknya, negara kesayangan kita, Indonesia ini, memiliki jumlah perbandingan jenis kelamin yang cukup berimbang. Jadi, bagi anda yang masih single, janganlah takut lagi untuk kehabisan pasangan, karena jumlah laki-laki dan perempuan di negara kita masih cukup aman. Dan seperti biasa, terima kasih.

 

References

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s