Apakah Naga Benar-benar Ada di Zaman Dinosaurus?

Inilah naga! Seleb paling trending di dunia margasatwa. Saking hitz-nya, naga udah sering nampang di layar perak, layar kaca, sampai layar tancep. Meski katanya mitos, anehnya hampir semua kebudayaan di dunia tahu tentang naga. Yaitu reptil raksasa yang super berkuasa. Kalau gitu, jangan-jangan dulu naga memang pernah ada! Tapi kapan? Benarkah pada zaman dinosaurus?
Awal abad ini, tiga paleontolog muda menemukan tengkorak superaneh di sebuah situs bebatuan purba. Setelah diselidiki, tengkorak itu ternyata milik dinosaurus seangkatan T-Rex dengan nama spesies yang artinya… “Raja Naga dari Hogwarts”. Yups, Hogwarts yang itu. Jadi… inikah wujud nyata naga yang melegenda itu?
Rupanya… tidak. Sekilas, kepala si Dracorex emang mirip naga versi Barat di film-film Hollywood. Sayangnya, ga ada bukti yang menunjukkan kalau dia bisa terbang, apalagi menyemburkan api. Malahan, Dracorex ternyata justru satu keluarga dengan spesies dinosaurus pemakan tumbuhan. Emang sih, dinosaurus artinya “kadal yang mengerikan”. Tapi sampai sekarang, masih belum ada bukti ilmiah tentang adanya kadal jahat raksasa yang seperti naga Barat.
Tapi, tahukah kamu? Akar kata “dragon” ternyata bisa dilacak sampai kata “drakon” yang artinya ular air besar. Kalau gitu, gimana dengan ular naga? Oke. Naga versi ular memang lebih populer di kebudayaan-kebudayaan Timur, termasuk di Indonesia. Ga percaya? Lihat aja artinya di KBBI. Asia memang juga rumah buat banyak ular besar dan buas. Tapi, lagi-lagi ga ada bukti ilmiah tentang ular yang bercakar, bersayap, apalagi bermahkota. Mungkin ini karena Naga Timur adalah makhluk setingkat dewa, jadi keberadaannya cuma perlu diimani saja…
Untungnya, ada orang yang khusus meneliti soal mitos naga yang mendunia tapi beda-beda ini. Menurut Profesor Jones, ciri khas naga emang bisa beda di tiap daerah. Alasannya, naga sebetulnya mewakili imajinasi primitif tentang hewan-hewan pemangsa yang kita takuti. Dan hewan-hewan ini tentunya beda dong di tiap daerah. Bayangkan… buat nenek moyang kita yang dulu ga punya senjata canggih, predator macam ular, macan dan elang pasti ngeri banget dong! Dari cerita turun temurun… ditambah bumbu ini itu… imajinasi kita menciptakan makhluk mistik berciri khas campur bawur. Sampai akhirnya, makhluk reptil apa pun yang kelihatan ajaib bakal kita sebut sebagai… ahem… “naga”.
Sekarang, bayangkan apa jadinya kalau tengkorak aneh si dracorex ga ditemukan di tahun 2004, tapi di Abad Kegelapan. Tanpa ilmu pengetahuan yang maju, orang-orang pasti bakal langsung mikir kalau itu tengkorak naga! Jadi penasaran… Gimana jadinya ya kalau tengkorak asing macam si dracorex ditemukan di Indonesia Zaman Majapahit?
Naga-nagaan emang keren. Tapi sekeren-kerennya naga bo’ongan, masih lebih keren naga kita yang beneran. Dan seperti biasa, terima kasih.

Referensi
Giants, Monsters, and Dragons: An Encyclopedia of Folklore, Legend, and Myth Paperback – November 17, 2001 by Carol Rose
Dragons: A Natural History Hardcover – November, 1995 by Karl P. N. Shuker
An Instinct For Dragon, 2000 by David E. Jones
http://www.livescience.com/9726-origin-komodo-dragon-revealed.html
http://shc.stanford.edu/news/research/dinosaurs-and-dragons-oh-my
http://edition.cnn.com/2015/01/30/asia/china-dragon-dinosaur/
https://www.thoughtco.com/dinosaurs-and-dragons-the-real-story-1092002
http://www.smithsonianmag.com/science-nature/where-did-dragons-come-from-23969126/
http://www.smithsonianmag.com/science-nature/the-origin-of-the-komodo-dragon-17655352/
http://www.livescience.com/27402-komodo-dragons.html
http://www.livescience.com/25559-dragons.html http://www.mampam.com/index.php?option=com_content&task=view&id=48&Itemid=97&limit=1&limitstart=0

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s