Benarkah Kegemukan Karena Faktor Keturunan? ft. Zywielab

Di seluruh dunia, hampir 40% orang dewasa mengalami kegemukan, bahkan sampai obesitas! Mungkin kita termasuk salah satunya. Tapi, sebetulnya apa yang bikin kita bisa kegemukan? Benarkah karena faktor keturunan?

Singkatnya, ada beberapa kondisi yang bikin orang jadi kegemukan. Percaya atau nggak, ada kegemukan yang memang disengaja. Entah biar makin seksi, atau biar jadi tak tergoyahkan. Gen keturunan juga memang bikin kegemukan, tapi faktor ini ternyata nggak ngaruh-ngaruh banget! Faktanya, tersangka utama penyebab kegemukan adalah… Pola Makan.

Setiap hari kita makan, agar punya energi untuk beraktivitas. Energi ini dihitung dengan satuan kalori, dan kebutuhan kalori harian tiap orang bisa berbeda-beda. Idealnya, jumlah kalori yang kita konsumsi, selalu habis kita pakai beraktivitas. Tapi yang namanya hidup kan emang… ehm… penuh godaan. Saat keluar masuknya energi tidak seimbang, tubuh otomatis bakal menyimpan sisa kalori kita menjadi… yap! Cadangan lemak. Nah, kita bisa disebut kegemukan saat total lemak di tubuh kita membeludak lebih dari batas wajar.

Kalau gitu, kenapa kita harus punya cadangan lemak segala? Kayak anjing laut di kutub aja? Sejarahnya, nenek moyang kita dulu hidup di zaman yang kondisinya sangat… sangat… ekstrem. Akibatnya, banyak yang tidak sanggup bertahan. Makanya, tubuh manusia pelan-pelan beradaptasi, baik fisik maupun pola makannya, sampai akhirnya punya cadangan lemak seperti mamalia lain, termasuk onta sekalipun! Tujuannya simpel: yaitu supaya bisa terus bertahan hidup. Bedanya, nenek moyang kita banyak bergerak, sementara kita di zaman sekarang… yah, begitulah.

Dan… yang paling membedakan kita dengan para nenek moyang… yaitu jelas gaya hidupnya! Zaman sekarang, banyak makanan berkalori tinggi yang enak-enak dan juga sangat… sangat… gampang didapat. Sementara itu, 8 dari 10 orang di dunia terbukti males gerak. Gimana nggak kegemukan?

Kita mungkin kurang sadar kalau penyebab kematian terganas di Indonesia banyak yang dipicu oleh kegemukan. Padahal, kegemukan itu bisa banget dicegah. Misalnya dengan makan sesuatu yang sangat nikmat, tapi sesuai kebutuhan tubuh aja. Karena, nabung lemak itu seperti nabung duit. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Dan seperti biasa, terima kasih.

REFERENSI

Artikel ilmiah

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17890752

https://academic.oup.com/ndt/article-lookup/doi/10.1093/ndt/gfm517

Web

https://www.livescience.com/32366-why-do-camels-have-humps.html

http://zywielab.com/apakah-obesitas-berbahaya-bagi-ibu-hamil-part-1#sthash.o2GmKWiX.dpbs

http://zywielab.com/apakah-obesitas-berbahaya-bagi-ibu-hamil-part-2#sthash.H02Gwlpe.dpbs

http://zywielab.com/nasi-vs-obesitas#sthash.zZl7XWvG.dpbs

http://zywielab.com/mengolah-nasi-putih-rendah-kalori#sthash.6Hs68uUY.dpbs

http://zywielab.com/fakta-atau-hoax-8-mitos-dan-fakta-perut-buncit#sthash.0niKXp31.dpbs

http://zywielab.com/mengapa-perutmu-bisa-buncit#sthash.3an5yiTD.dpbs

http://zywielab.com/silent-killer-sindroma-metabolik-part-1#sthash.Iou7EDOA.dpbs

https://www.qraved.com/journal/restaurants/5-fakta-martabak-yang-bakal-bikin-kamu-shock/

https://health.detik.com/read/2012/08/15/184954/1992560/775/makanan-sehari-hari-penyumbang-kegemukan

http://food.detik.com/read/2016/04/19/190927/3191847/900/mengintip-asupan-kalori-dalam-satu-potong-martabak-manis-dan-telur

http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs311/en/-

https://health.detik.com/read/2012/02/20/162754/1847096/763/ini-bedanya-diabetes-tipe-1-dan-tipe-2

http://www.bbc.com/earth/story/20150910-the-fattest-animal-on-earth

Video

https://www.youtube.com/watch?v=-vNVG7XJpVE

https://www.youtube.com/watch?v=wxzc_2c6GMg

https://www.youtube.com/watch?v=VEQaH4LruUo

https://www.youtube.com/watch?v=QhUrc4BnPgg https://www.youtube.com/watch?v=uEM2iDT-VAk

https://www.youtube.com/watch?v=ISZLTJH5lYg

https://www.youtube.com/watch?v=wxzc_2c6GMg&t=12s

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s