Apa Bedanya Tubuh Kita Dengan Kera? (ft. KUARK Magz)

Kalau kita dikatai mirip kera, hal ini sebetulnya nggak salah-salah amat sih, meskipun nggak terlalu benar juga. Memangnya, dimana kesamaan dan perbedaan kita dengan para kera?

Percaya nggak percaya, manusia dan simpanse punya DNA yang sangat mirip. Buktinya, kita sama-sama punya tangan dan kaki, yang sama-sama terdiri dari 5 jari, dengan jempol yang arahnya saling berseberangan pula. Kedua mata kita juga sama-sama di bagian depan kepala, bukannya di samping, seperti… ehm… ayam-ayam peliharaan kita.

Rupanya, berdasarkan pengelompokan makhluk hidup ala Bapak Taksonomi, manusia, kera, monyet, serta beberapa hewan lainnya bisa digolongkan dalam kelompok mamalia paling cerdas, yaitu primata. Para spesies dalam bangsa primata emang terbiasa hidup di lingkungan yang banyak pohonnya. Makanya, tubuh mereka harus menyesuaikan diri, agar bisa bergerak dengan gesit dan lincah. Dengan mata di depan, mereka mampu melihat ruang dengan lebih oke. Genggaman pun jadi mantap, biar bisa bergelantungan dengan erat.

Meski begitu, perbedaan lingkungan membuat nenek moyang manusia melakukan sesuatu yang antimainstream. Berbeda dengan primata lainnya, nenek moyang manusia beradaptasi untuk hidup di darat. Hasilnya, manusia bisa berjalan tegak dengan 2 tungkai atau anggota gerak, sementara primata lain tetap bergerak dengan 4 tungkai. Perbedaan ini terutama kelihatan dari bentuk tulang belakang manusia versus kera. Jadi, mau diajari sampai kiamat pun, kera nggak bisa terus-terusan berjalan kayak manusia. Sebaliknya, bayi manusia pun pasti nggak betah merangkak lama-lama.

Pada akhirnya, kemampuan adaptasi sangat menentukan sesukses apa hidup suatu spesies di dunia. Tapi kalau udah pintar beradaptasi, jangan lupa bantu spesies yang lain yaa! Dan seperti biasa, terima kasih.

REFERENSI

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s