Siapakah Garuda Yang Ada di Lambang Negara Indonesia?

Perkenalkan Garuda Pancasila! Sang garuda gagah lambang pemersatu negara Indonesia. Namun, siapakah sosok garuda sebenarnya? Benarkah burung Garuda memang benar-benar ada?

Di seluruh dunia, ternyata ada dua negara yang menjadikan garuda sebagai lambang negara. Tapi kalau dibandingkan, garuda milik Indonesia memang lebih terasa “burung banget”. Mungkin inilah yang sering bikin kita penasaran, jangan-jangan garuda ini memang sejenis burung. Tapi, coba kita lihat dulu Garuda Pancasila mula-mula, yang dirancang oleh Sultan Hamid dua. Masihkah terasa “burung banget”?

Kalau kita lacak sejarahnya, sosok Garuda Pancasila bisa jadi memang terinspirasi dari Garuda, hewan mitos tunggangan Dewa Wisnu. Menurut mitologi Hindu, Garuda adalah makhluk setengah burung setengah manusia yang pemberani. Dan karena Wisnu adalah dewa pemelihara, sejak dulu Garuda juga dianggap sebagai lambang kemakmuran. Jadi, sebelum Indonesia, sebetulnya ada yang jauh lebih dulu memakai Garuda sebagai lambang, yaitu Raja Airlangga dari Kerajaan Kahuripan.

Karena lahir dari mitologi dan cerita rakyat, si Garuda mungkin cuma bisa kita temui di candi-candi, pasar seni, dan juga… ahem, internet. Tapi rupanya, Indonesia punya satwa khas yang sangat… sangat… sangat… mirip dengan Garuda. Siapa dia?

Beri salam pada Elang Jawa! Burung satu ini emang mirip banget sama Garuda, sampai-sampai dinobatkan sebagai satwa nasional Indonesia! Lihat saja jambulnya… warna bulunya… tapi jangan dinaikin juga ya!

Sayangnya, elang yang sempat merajai langit Jawa Barat dan Jawa Timur ini udah makin jarang kelihatan. Selain karena siklus berkembangbiaknya lama, habitat Elang Jawa juga makin sedikit. Akhirnya, Elang Jawa kesulitan mencari mangsa, karena mereka sayangnya nggak doyan bakso. Akibatnya, populasi Elang Jawa semakin terancam punah! Jumlah mereka saat ini bahkan tinggal beberapa ratus ekor saja.

Untuk itu, kita tetap perlu melestarikan para elang jawa ini! Jangan sampai anak cucu kita cuma bisa lihat Garuda di tembok kelas aja. Dan seperti biasa, terima kasih.

REFERENSI

Jurnal

http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/661/jbptunikompp-gdl-gheadwiind-33024-4-unikom_-i.pdf

Tesis

http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20289790-T29226-Lambang%20raja-full%20text.pdf

Web

http://www.hbw.com/species/javan-hawk-eagle-nisaetus-bartelsi#Taxonomy

http://datazone.birdlife.org/species/factsheet/javan-hawk-eagle-nisaetus-bartelsi

http://www.bin.go.id/wawasan/detil/167/3/26/11/2012/filosofi-garuda-pancasila

http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/06/150610_majalah_perancang_garuda

http://www.cnnindonesia.com/nasional/20170601045933-20-218665/soekarno-jambul-garuda-dan-empu-tantular/

https://article.wn.com/view/2017/03/08/Burung_Garuda_dewa_atau_Elang_Jawa/

http://www.biodiversitywarriors.org/elang-jawa-adalah-garuda-2.html

http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/04/inilah-elang-jawa-rupa-asli-garuda-indonesia

https://astacala.org/2017/02/garuda-di-ambang-kepunahan/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s