Apa Itu Gerhana Bulan Raksasa (Supermoon)?

Bagi yang belum tahu, sebentar lagi kita akan bisa menyaksikan fenomena menakjubkan: gerhana bulan total yang bersamaan dengan Supermoon dan juga Blue Moon. Fenomena ini spesial banget karena sangat sangat sangat jarang terjadi dan terakhir kali terjadi itu waktu Cut Nyak Dien masih ABG dan sepeda bentuknya masih kayak gini. Tapi, fenomena apa itu semua?…

Seberapa Tinggi Tsunami Bisa Terbentuk?

Dahsyatnya hantaman tsunami di Aceh dan Jepang yang terjadi beberapa tahun lalu, mengingatkan kita seberapa mengerikannya gelombang mematikan raksasa satu ini. Tapi pertanyaannya: bisa seberapa besar tsunami itu terbentuk? Bisa ngga sih tsunami terbentuk sampai setinggi gunung Everest kayak di film-film Hollywood? Jika menghitung dari jaman manusia belum ada di bumi ini, banyak kejadian yang…

Mana Lebih Banyak: Manusia Hidup atau Sudah Meninggal?

Baru-baru ini populasi dunia berhasil menembus angka 7,5 miliar orang. Bayangin, itu kayak kita punya 28 Indonesia di dunia, beserta populasi anak alay di dalamnya. Sungguh mengerikan. Tapi, pernahkah kalian bertanya, kalo sekarang udah banyak, lalu berapa sih jumlah manusia yang pernah lahir di dunia ini? Apakah benar satu anggapan yang bilang populasi kita yang…

Kenapa Kita Bisa Kecanduan Sesuatu?

Kata siapa kita cuma bisa kecanduan benda-benda terlarang. Padahal kecanduan bisa apa aja mulai dari kecanduan si dia, main hape, sampai makanan termasuk, ehm, …. Tapi, sebenarnya kenapa ya kita bisa kecanduan? Kecanduan gak akan terjadi sebelum kita menikmati sesuatu pertama kali. Pengalaman pertama yang menyenangkan itu membuat otak kita menghasilkan dopamin, zat yang membuat…

Sebuah Tradisi Khas Indonesia dari Sejak Dulu

Pada sekitar 2 abad lalu, beberapa tahun sebelum perang besar berkecamuk di tanah jawa, ada peristiwa HEBOH di keraton Yogya, Rupa-rupanya seorang Patih Yogyakarta yang berkuasa, harus menerima tamparan dari selop seorang pangeran Diponegoro dengan keras, waduh ada apa ini? Apakah ada kesalahan sangat fatal yang telah dilakukannya? Saatnya kita kembali ke masa lalu… menjelajah…