Mana Lebih Banyak: Manusia Hidup atau Sudah Meninggal?

Baru-baru ini populasi dunia berhasil menembus angka 7,5 miliar orang. Bayangin, itu kayak kita punya 28 Indonesia di dunia, beserta populasi anak alay di dalamnya. Sungguh mengerikan. Tapi, pernahkah kalian bertanya, kalo sekarang udah banyak, lalu berapa sih jumlah manusia yang pernah lahir di dunia ini? Apakah benar satu anggapan yang bilang populasi kita yang hidup sekarang, lebih besar daripada jumlah manusia yang pernah lahir dalam sejarah?

Oke, berdasarkan perhitungan yang sangat sangat ribet–total manusia yang pernah lahir di dunia adalah sekitar 108 miliar. Ya, 108 miliar, atau 15 kali lipat dari populasi dunia sekarang, atau setara dengan 415 Indonesia di dunia. Ya, bayangkan dunia dengan 415 Indonesia dengan permasalahan di dalamnya. Dunia yang sangat indah! Tapi pertanyaannya, bagaimana kita bisa tahu jumlahnya adalah segini? Padahal belum ada sensus penduduk di jaman dulu?

Oke, pendeknya 108 miliar ini didapatkan dari hasil perhitungan ribet yang dimulai dari tahun di mana populasi manusia sudah bisa mulai diperhitungkan, ditambah pertimbangan ribet lainnya. Jadi, saat manusia sudah bisa mulai bertani, populasi manusia meningkat drastis. Di tahun 1 masehi, setidaknya di wilayah kekaisaran Roma sendiri, sudah ada 45 juta manusia. Lalu tahun 1650, populasi manusia berlipat ganda mencapai setengah miliar, itupun sudah memperhitungkan kejadian besar seperti wabah Black Death. Lalu populasi manusia mencapai angka fantastis 1 miliar di revolusi industri berkat kemajuan teknologi. Kemudian lompat pada keajaiban ledakan populasi manusia yang terjadi dalam 50 tahun, dan sampailah kita pada hari ini.

Hal yang menarik dari ini semua adalah, pada saatnya, kita semua akan bergabung ke angka ini. Ya, meskipun angka ini besar, tapi angka ini juga disusun oleh orang-orang yang juga pernah hidup seperti kita–yang juga punya kehidupannya masing-masing. Tumbuh besar, bahagia, takut akan sesuatu yang baru, merasakan pertama kali jatuh cinta, kedinginan dan kelaparan, hingga kehilangan orang yang disayanginya. Setiap sudut tempat yang ada sekarang, mungkin pernah ada peristiwa bersejarah, atau pernah ada keluarga yang pernah tinggal di sana. Begitupun akun media sosial kita hari ini, suatu hari mungkin akan menjadi kumpulan miliaran nama dan cerita orang yang pernah hidup di suatu tahun dalam sejarah.

Jadi, ya, sudah banyak sekali manusia yang pernah hidup di dunia ini, tanpa kita sadari. Asalkan jangan pernah membayangkan… Apa jadinya, jika mereka kembali hidup dan meneror kita sekarang. Dan seperti biasa, terima kasih.

References

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s