Seberapa Tinggi Tsunami Bisa Terbentuk?

Dahsyatnya hantaman tsunami di Aceh dan Jepang yang terjadi beberapa tahun lalu, mengingatkan kita seberapa mengerikannya gelombang mematikan raksasa satu ini. Tapi pertanyaannya: bisa seberapa besar tsunami itu terbentuk? Bisa ngga sih tsunami terbentuk sampai setinggi gunung Everest kayak di film-film Hollywood?

Jika menghitung dari jaman manusia belum ada di bumi ini, banyak kejadian yang emang mungkin menciptakan tsunami yang super tinggi. Tapi permasalahannya, susah banget untuk bisa tahu secara pasti, tinggi tsunami-tsunami yang terjadi di jaman itu. Nah, makanya kalo standarnya itu kita mulai hitung dari jaman kita udah lahir, tsunami terbesar itu terjadi bukan di Indonesia, Jepang, Bekasi, Antartika, Meikarta atau di Hollywood, tapi di tempat yang orang ngga sangka-sangka: Alaska. Belahan dunia super dingin di atas sini. Tsunami tertinggi ini, tingginya itu mencapai sekitar 520 meter atau lebih tinggi daripada menara kembar di negara tetangga kita, yang dengan sangat mudahnya ditenggelemin sama tsunami ini. Tapi pertanyaannya, gimana caranya tsunami ini bisa setinggi ini?

Nah, kalau rata-rata tsunami itu terjadi gara-gara gempa bawah laut atau gunung meletus–tsunami dahsyat Lituya Bay itu disebabkan oleh… Gempa juga. Tapi gempa yang bikin sebuah bongkahan tebing raksasa seberat 600.000 ikan paus jatuh dan menghantam perairan di sana dengan sangat kencang! Hal serupa pun juga pernah terjadi di sebuah bendungan terbesar di Italia, di mana bongkahan tebing raksasa juga jatuh dan menciptakan tsunami yang menghantam langsung pemukiman penduduk dengan tinggi dua kalinya monas!

Nah pertanyaannya, apakah tsunami yang sebegitu dahsyatnya, mungkin untuk dihentikan? Jawaban pendeknya adalah… Engga. Kecuali kita bisa manggil Avatar Aang turun ke bumi. Penyebabnya itu karena kalau tsunami udah terlanjur besar, udah hampir ngga mungkin kita menghentikannya. Tapi dengan sistem peringatan yang baik, tentunya banyak nyawa bisa terselamatkan. Meskipun banyak cara juga yang udah diterapkan–kayak bikin dinding tsunami, pintu air atau kanal air–tapi tetep aja ngga ada yang bisa bener-bener nahan kekuatan alam dahsyat satu ini.

Dari episode kali ini, sekarang kita tahu seberapa mematikannya tsunami bisa terbentuk. Yang pasti, jangan coba-coba berenang kalau ada tsunami karena itu pastinya beda jauh sama main air di pinggir kali. Dan seperti biasa, terima kasih.


Referensi:

Ward, Steven N. dan Day, Simon. 2011. The 1963 Landslide and Flood at Vaiont Reservoir Italy. A Tsunami Ball Simulation. Diakses pada 15 Januari 2018 dari https://es.ucsc.edu/~ward/papers/Vaiont.pdf

http://www.history.com/this-day-in-history/landslide-kills-thousands-in-italy

https://geology.com/records/biggest-tsunami.shtml

Chicxulub Asteroid

https://www.youtube.com/watch?v=Dcp0JhwNgmE

https://books.google.co.id/books?id=yDwEDQAAQBAJ&pg=PA99&lpg=PA99&dq=Chicxulub+Tsunami&source=bl&ots=OxIJJmB0wc&sig=akBzTYZ0LnFjQHowweQdIFR0ESs&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwinkqre8_DYAhXFH5QKHQJ5DZsQ6AEIbzAO#v=onepage&q=Chicxulub%20Tsunami&f=false

https://www.lpi.usra.edu/science/kring/Chicxulub/regional-effects/

https://news.nationalgeographic.com/2016/06/what-happened-day-dinosaurs-died-chicxulub-drilling-asteroid-science/

https://www.psi.edu/epo/ktimpact/ktimpact.html

Nuuanu/Molokai Landslide

http://www-odp.tamu.edu/publications/200_IR/chap_01/c1_3.htm

Tsunami Japan 2011

https://www.livescience.com/39110-japan-2011-earthquake-tsunami-facts.html

Earthquake scale magnitude

http://www.sciencemag.org/news/2011/03/comparing-earthquakes-explained

https://earthquake.usgs.gov/learn/topics/how_much_bigger.php

https://science.howstuffworks.com/environmental/energy/energy-hurricane-volcano-earthquake3.htm

https://www.veteranstodayarchives.com/2011/03/17/japan%E2%80%99s-9-0-earthquake-equal-to-one-million-kiloton-nuclear-weapon-2/

Tsunami animation

https://www.youtube.com/watch?v=4yFNOuo_YxI

How tsunamis work

https://www.youtube.com/watch?v=Wx9vPv-T51I

Planetary Science Institute. The Impact That Wiped Out the Dinosaurs. https://www.psi.edu/epo/ktimpact/ktimpact.html

How to survive a tsunami.

https://www.popsci.com/what-to-do-tsunami-survival

What causes a tsunami. https://www.voanews.com/a/what-causes-a-tsunami-117813908/167170.html

https://www.livescience.com/39110-japan-2011-earthquake-tsunami-facts.html

https://web.archive.org/web/20131013214630/http://www4.uwsp.edu/geo/projects/geoweb/participants/Dutch/LituyaBay/Lituya3.HTM

Blue whale weight

https://www.nationalgeographic.com/animals/mammals/b/blue-whale/

http://www.whalefacts.org/how-much-do-whales-weigh/

Tsunami Krakatoa

https://www.livescience.com/28186-krakatoa.html

http://nautil.us/blog/the-sound-so-loud-that-it-circled-the-earth-four-times

Cause of Tsunami

http://www.extremescience.com/biggest-wave.htm

Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s