Kenapa Bau Bensin Enak?

Pernah ngga sih kalian pergi ke pom bensin dan ngga sengaja nyium bau bensin di sana? Bagi beberapa orang, bau itu terasa enak. Dan itu lah pertanyaannya, seperti yang ditanyakan Faisal ini. Kenapa bensin baunya enak? Apakah ada kandungan micin di dalamnya?

Ngga! Pastinya ngga ada micin di dalem bensin. Karena kalo ada, mungkin ibu-ibu di seluruh dunia akan berlomba-lomba masak pake bensin biar makanannya makin enak. Oke. Pelakunya bukan micin. Lalu siapa? Ternyata pelakunya adalah senyawa kimia yang namanya keren ini. Ya! Senyawa ini fungsinya itu sebenernya dipake untuk ningkatin kualitas bensin. Tapi ternyata Benzene ini punya efek samping, yaitu baunya yang enak. Tapi, kenapa baunya enak? Kenapa baunya ngga biasa-biasa aja?

Jadi zaman dulu, para ilmuwan menemukan sekelompok senyawa kimia yang memiliki kurang lebih satu ciri-ciri yang sama: memiliki bau yang khas. Daaan ngga mau kalah sama nama-nama boy band k-pop yang makin kekinian, para ilmuwan pun menamakan kelompok senyawa kimia ini dengan nama yang ngga kalah keren. Sesuai dengan ciri-cirinya. Nah, Benzene masuk jadi anggota kelompok ini, makanya Benzene, yang merupakan bagian dari bensin, punya bau yang enak. Dan fakta uniknya, ngga cuma Benzene–tapi senyawa kimia dari kelompok ini lah yang bertanggung jawab menyebabkan banyak barang jadi punya bau yang khas, contohnya kayak penangkis serangga, beberapa jenis lem dan penghilang cat.

Meskipun baunya enak, Benzene ini ngga kayak micin, tapi lebih kayak kopi vietnam–alias bisa mematikan–kalo dihirup berlebihan. Mengerikannya, ada beberapa contoh kasus dimana beberapa orang kecanduan terhadap bau bensin. Bahkan ada yang parah seperti Theresa, yang sudah kecanduan bau bensin selama lebih dari 30 tahun!

Jadi, sekarang kita tahu kenapa bensin itu baunya enak. Tapi setelah tahu, jangan coba-coba pake bensin ini, jadi sesuatu yang lain! Dan seperti biasa, terima kasih.


Reference:

Addicted to gasoline

https://www.youtube.com/watch?v=ib5p7F0kRWU

http://www.dailymail.co.uk/news/article-2113144/My-Strange-Addiction-TLC-Girl-stop-drinking-GASOLINE.html

Bear addicted to Kerosine

https://www.thefix.com/content/russian-bears-hooked-jet-fuel91494

Hunger to gasoline smell

Jackson, E., Currie, B., Cairney, S., Maruff, P., & SNYDER, P. (2009). Hunger and the perception of the scent of petrol: A potential neurobiological basis for increased risk of petrol inhalation abuse. Addiction Research and Theory, 17(5), 518-524.

https://researchers.cdu.edu.au/en/publications/hunger-and-the-perception-of-the-scent-of-petrol-a-potential-neur

Benzene as octane

http://www.eesi.org/papers/view/fact-sheet-a-brief-history-of-octane

List of Aromatic Hydrocarbons

http://chemistry.tutorvista.com/inorganic-chemistry/aromatic-hydrocarbons.html

Aromatic Hidryogens in everyday stuff

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8366789

http://npic.orst.edu/factsheets/naphgen.html

https://emedicine.medscape.com/article/818939-overview

https://journals.lww.com/amjforensicmedicine/Documents/A_Fatal_Case_of_a_Paint_Thinner_Ingestion_.17[1].pdf

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s