Bagaimana Cara Orang Tahu Luas Indonesia?

Setiap kali kita mudik kadang-kadang kita kesel karena engga sampe-sampe. Kita pun jadi sadar Indonesia itu ternyata luas banget. Kalau dibayangin, luas Indonesia baik daratannya maupun lautnya, bisa nutupin setengah daratan benua Eropa. Tapi kalo dipikir-pikir, sebenernya gimana caranya orang tahu luas Indonesia? Apakah pake meteran yang sama buat ngukur luas rumah kita?

 

Jawabannya: dengan bikin peta! Bukan, bukan peta yang satu ini, tapi peta beneran! Nah, peta kita ini ternyata ngga dibikin pake meteran, tapi pakai alat yang biasa kita lihat di jalan seperti ini atau untuk skala yang lebih besar, bisa pake satelit observasi. Tapi kita mesti ingat ada lembah, bukit, sampai gunung yang bentuknya enggak datar. Makanya ada ilmu proyeksi yang memetakan titik-titik di muka bumi dan kemudian menghitung luas bidangnya.

 

Sebenarnya, dari zaman dulu, peta Indonesia udah banyak dibikin. Tapi dari semua peta itu, muncul satu permasalahan besar yang orang jarang tahu! Ternyata, banyak peta yang dibuat, beda-beda ukuran satu sama lainnya. Ya! Mungkin bagi beberapa orang ini bukan masalah besar, karena cuma beda berapa meter aja. Tapi ternyata, ini merupakan masalah besar yang bisa bikin banyak konflik, kayak rebutan lahan, perizinan bangunan yang engga jelas, sampai perencanaan transportasi publik yang acak-acakan. Semuanya cuma gara-gara perbedaan hitungan peta kita.

 

Makanya sekarang ada kebijakan yang dibikin sama pemerintah Indonesia buat nyamain penghitungan luas dan akurasi peta Indonesia. Jadi, orang ngga lagi berantem gara-gara tiap orang punya versi petanya sendiri. Dari peta yang jadi satu ini juga, kita jadi bisa tahu potensi kekayaan alam, luasnya negara kita, dan bisa jadi dasar buat ngerancang kebijakan yang bikin negara kita makin makmur.

 

Meskipun ngitungnya ribet banget dan makan waktu yang lama, peta Indonesia mesti tetep dibikin. Biar engga tanah air, bangsa, dan bahasa aja yang satu, tapi juga petanya juga satu. Dan seperti biasa, terima kasih.

References:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s