Kenapa Luar Angkasa Gelap?

Kita tahu bahwa alam semesta sangatlah besar, dan punya miliaran bintang di luar sana! Tapi kalo ada banyak bintang yang ukurannya pun jauh-jauh lebih besar dari matahari, kenapa luar angkasa itu… Gelap dan hitam?

Meskipun kayaknya pertanyaannya gampang, tapi jawabannya itu ternyata ngga sesimpel yang kita kira. Penyebab kenapa luar angkasa itu gelap ternyata ada hubungannya sama luasnya alam semesta kita ini. Bagaimana ceritanya?

Jadi, ada sekitar 100 ribu juta bintang di galaksi kita dan 1 septilion atau… (Google translate ngomong) bintang di alam semesta kita. Terima kasih Google Translate. Ya! Jumlah bintang di alam semesta kita banyaknya banyak banget. Tapi MASALAHNYA, para bintang yang ada di alam semesta kita itu sebenarnya berjauhan BANGET, dan ngga semuanya bisa sedeket matahari untuk ngasih kita cahaya sekuat matahari. Nah, bayangin ini kayak kita punya senter, kalo dilihat dari dekat bisa terlihat terang, tapi pas dilihat dari jauh cahayanya meredup. Lalu sekarang coba bayangkan cahaya bintang itu, ibarat cahaya senter yang jauh itu. Tapi bedanya, cahaya mereka itu jauuuh banget, butuh jutaan tahun perjalanan cuma untuk bisa sampe ke bumi!

Tapi sebenarnya, itu masih belum menjawab sepenuhnya. Karena faktanya lebih mengerikan lagi. Ternyata, alam semesta kita ini ngga cuma luas banget, tapi juga… Mengembang! Dan terus mengembang! Hal apa ini? Dan apa hubungannya sama gelapnya luar angkasa?

Oke. Daripada pake bahasa ribet. Bayangin ini kayak kalian punya 5kg gula dan itungin tiap butirnya. Banyak banget kan? Pada awalnya juga, alam semesta itu sepadet ini. Tapi terus sekarang coba sebarin gula itu di piring hitam. Terus coba sebar ke meja makan hitam. Lama-lama butiran gulanya makin berjarak dan gulanya makin keliatan kecil kan? Nah, sekarang coba bayangin gula kalian disebar di lapangan sebesar stadium GBK yang rumputnya dicat hitam! Ya, gula kalian akan jadi sangat kecil, susah diliat, dan cuma jadi titik-titik putih di luasnya rumput GBK! Daaan itu lah teori Big Bang, yang menemukan bahwa semesta kita itu terus mengembang! Bahkan mungkin nanti akan jadi 1000 kalinya lapangan GBK. Lama-lama, bintang yang sudah terlalu jauh pun tak akan lagi bisa kita lihat. Dan mungkin, akan datang satu masa di mana tak akan ada lagi bintang yang kelihatan dari bumi, yang membuat langit malam kita pada akhirnya… Benar-benar gelap.

Jadi, meskipun langit malam kita tak sehitam kuah rawon yang nikmat, tapi setidaknya, syukuri lah bintang-bintang yang bisa kita lihat sekarang ini, sebelum akhirnya mungkin mereka menghilang… Dari pandangan kita selamanya. Dan seperti biasa, terima kasih.

References:

Numbers of stars

Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s