Bagaimana Kapal Dapat Terapung?

Waktu kecil, kita pasti pernah main di pinggir kolam terus iseng ngelempar batu ke dalam air. Waktu batunya tenggelem, kita pun bertanya-tanya, kenapa bisa begitu. Kita mungkin berpikir, hmm, mungkin karena batu itu berat. Tapi terus kita lihat kapal yang jauh lebih besar dan jauh lebih berat dan mereka bisa tetep mengapung dan engga tenggelem. Lalu, kita penasaran, kenapa itu bisa terjadi?
Jawabannya ternyata bukan semata karena berat, melainkan karena adanya semacam kekuatan yang dinamakan gaya angkat dan tingkat kepadatan benda itu sendiri. Gaya yang satu ini ditemukan sama orang jenius ini yang bilang kalau sebuah benda dicelupin ke dalam air, baik sebagian ataupun seluruhnya, maka ia akan mengalami gaya angkat ke atas yang sama besar dengan berat air yang dipindahkannya itu. Tapi si gaya angkat ini engga akan mampu mengangkat bakso kalau bola daging idola kita ini lebih berat dari kuah bakso dalam ukuran yang sama.
Jadi kita tahu supaya bisa mengapung, kepadatan kapal harus kurang dari air. Itulah mengapa, kapal punya resep rahasia yaitu sebuah bagian yang berisi rongga-rongga udara. Bagian lambung kapal ini yang bikin kapal seimbang dan mengapung di lautan, engga peduli sebesar dan seberat apapun kapal tersebut dibuat. Itu ngejelasin juga kenapa Titanic tenggelam, yaitu karena lambung kapalnya bocor nabrak gunung es dan akhirnya penuh sama air sehingga kapalnya tenggelam ke dasar samudera.
Nah dengan resep rahasia tadi, kita akhirnya bisa bikin kapal-kapal berukuran raksasa kayak kapal pesiar mewah ini yang 5 kali lebih berat dari Titanic, atau kapal tanker terbesar ini yang panjangnya empat setengah kali panjang lapangan Gelora Bung Karno dan beratnya sama kayak seratus ribu gajah afrika, atau kayak kapal canggih ini yang jadi bandara di tengah samudera buat pesawat-pesawat tempur. Cara yang sama juga diterapin di kapal selam di mana ia punya rongga yang bisa diisi air apabila ingin menyelam, dan diisi udara jika hendak mengapung ke permukaan.
Jadi, kita udah tahu kenapa kapal yang besar banget itu bisa berlayar di samudera luas. Dan mulai sekarang, kamu pun bisa request ke abang bakso supaya bikin ruang udara di dalam bakso agar mengapung di mangkok biar mudah dimakan. Dan seperti biasa, terima kasih.
REFERENCES

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s