Kenapa Ada Orang Makan Banyak Tetep Kurus?

Mirip sama masalah suku, agama, ras, dan antargolongan, isu berat badan itu, uhm, sensitif! Dan bagi sebagian orang, naikin berat badan itu susah banget! Rasanya udah makan banyak, tapi kok berat badan masih segitu-gitu aja. Dan sama kayak misteri segitiga bermuda, pertanyaan soal badan yang susah naik ini jadi salah satu misteri yang sampai sekarang masih kita pertanyakan. Tapi sebenernya, apa sih jawabannya?

Jadi ternyata, penyebab berat badan yang susah naik itu ada banyak! Bisa jadi karena gizinya belum terpenuhi, kurang olahraga, pengaruh penyakit dan faktor lingkungan, atau yang paling besar pengaruhnya yaitu genetik. Oke, jadi gimana cara ngatasinnya?

Mudahnya, lewat makanan! Hal ini supaya kalori dalam tubuh kita terpenuhi dan bahkan surplus. Ibaratnya, kalori itu kayak level energi yang harus kita isi biar ga lemes. Tapi, jangan sampai salah makan! Daripada kebanyakan makan karbohidrat dan lemak yang bisa bikin perut kita mengembang — yang juga beresiko munculin banyak penyakit termasuk penyakit jantung — kita perlu lebih banyak makan makanan berserat seperti buah dan sayuran, serta berprotein kayak ayam, telur, tahu, tempe dan, tentu aja, makanan favorit sejuta umat!

Selain makanan yang bergizi, olahraga juga penting! Tapi kalau selama ini kita rajin jogging — yang meskipun bagus buat jantung, tapi kurang ampuh buat membentuk otot — sepertinya kita mesti cari olahraga alternatif. Misalnya, kayak angkat beban — yang fungsinya biar otot-otot kita kebakar, dan asupan protein yang kita makan akan gotong-royong membentuk jaringan otot yang baru. Efeknya, massa otot akan meningkat dan secara langsung bakal nambahin berat badan.

Tapi ada satu hal lain yang ternyata bikin kita susah gemuk — atau justru, bikin gampang banget gemuk — yaitu, bakteri di usus! Jadi, di dalam tubuh kita ada triliunan sel bakteri dan makhluk mini lainnya yang disebut mikrobiota usus. Dan menurut para ahli, makhluk inilah yang ibaratnya bantu ngatur mulai dari nafsu makan, jumlah gizi yang diserap tubuh, sampai makanan apa yang kita suka. Makhluk ini juga yang bikin banyak orang Indonesia suka ngerasa belum kenyang kalau belum makan nasi. Lantas bagaimana dengan yang makan banyak tapi ga gemuk-gemuk? Hmm, bisa jadi pasukan mikrobiota usus kita sudah jauh berkurang dan berubah sehingga penyerapan gizi dari makanan yang kamu makan pun juga berkurang.

Jadi, sekarang kita tahu kenapa angka di timbangan engga naik-naik. Makanya mulai sekarang olahraga yang teratur, makan makanan sehat, dan jangan lupa istirahat. Karena beda sama mesin, tubuh kita perlu tidur biar organ tubuh bisa berfungsi dengan baik. Dan seperti biasa, terima kasih!

References

Advertisements

3 Comments Add yours

  1. Thx kak buat infonya. Bermanfaat sekali 🙂

    Like

  2. Githa says:

    Alrmozaak-infaamation found, problem solved, thanks!

    Like

  3. Lavon says:

    I feel so much happier now I untnesdard all this. Thanks!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s