Benarkah Hantu Itu Ada?

 

Kalau lagi kumpul sama temen, cerita soal hantu itu selalu… seru! Meskipun kalau abis denger ceritanya bikin kita takut ke toilet sendirian, cerita soal hantu enggak pernah habis dibahas. Meski begitu, keberadaan hantu masih diperdebatkan: beberapa orang bilang hantu itu engga ada, tapi banyak orang lain juga yang mengaku pernah menyaksikan wujudnya. Lantas pertanyaannya, apakah hantu itu beneran ada di antara kita?

Nyatanya, sampai saat ini belum ada ilmuwan yang berhasil membuktikan wujud sosok menyeramkan ini. Para ahli pun berkesimpulan kalau perasaan melihat atau mendengar hantu itu berasal dari adanya medan magnet kuat, suara berfrekuensi rendah, sampai zat kimia yang memengaruhi kerja otak. Tapiii, sebelum bawa bambu runcing di kolom komentar, kita harus tahu kalau penelitian di ilmu sosial, kisah-kisah soal hantu justru bertaburan! Artinya, fenomena penampakan hantu memang banyak, dalam tanda kutip, ditemukan dan, nyatanya, fenomena hantu sudah ada sejak peradaban manusia dimulai. Bagaimana ceritanya?

Kalau ditelusuri, hantu dan makhluk gaib udah ada sejak zaman Mesir Kuno! Kemudian peradaban berkembang, manusia bikin kebudayaan, sampai kemudian muncul agama-agama yang ngejelasin soal roh dalam diri makhluk hidup — termasuk manusia — dan di saat bersamaan ngejelasin soal kehidupan setelah kematian, termasuk soal, uh, hantu. Karena fenomena hantu ini berkembang dengan kebudayaan, maka itulah mengapa, di Britania Raya ada banshee, di Thailand ada Mae Nak, dan di Indonesia ada Kuntilanak.

Ngomong-ngomong soal Indonesia, zaman dulu, ada ilmuwan antropologi yang meneliti tentang hantu di Pulau Jawa! Dia menemukan kalau jenis hantu itu ada yang kerjaannya bikin takut, ada yang bikin orang kesurupan, dan ada juga yang suka mencuri uang. Beda sama penelitian natural science yang menekankan pada bukti eksperimen, para peneliti di social science banyak nanya orang-orang yang pernah ngalamin ketemu hantu. Dan dengan begitu, menerima keberadaan hantu di masyarakat.

Meski keberadaannya terasa ada di tengah kita, sampai sekarang belum ada peneliti yang mampu membuktikan wujud hantu. Tapi, bisa jadi itu karena hantu adalah satu dari banyak fenomena yang belum bisa dipahami oleh keterbatasan akal manusia. Pada akhirnya, jangan lupa cek bawah kasur kalian karena bisa jadi ada, uh, ‘sesuatu’ lagi menunggu di sana. Dan seperti biasa, terima kasih.

REFERENCES:

Advertisements

2 Comments Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s