Apa itu Terorisme dan Mengapa Harus Kita Lawan?

Akhir-akhir ini, kita sering denger berita yang bikin kita… berduka! Aksi terorisme kembali bermunculan dan korban jiwa pun berjatuhan. Tapiii, sebenernya, apa itu terorisme dan kenapa ada orang yang tega melakukannya?

Pendeknya, terorisme  itu perbuatan super super jahat karena hobinya nyerang dengan kekerasan, menebar teror dan ancaman, yang tujuannya bikin kita panik dan ketakutan. Alesannya pun macam-macam: mulai dari alasan politik kayak ingin ngediriin negara baru, engga puas dengan keadaan sosial ekonomi, sampai alasan religius kayak membela nama agama! Misalnya kayak zaman Romawi kuno, waktu pemberontak mau gantiin penguasa Roma saat itu. Atau kayak zaman revolusi Prancis waktu warganya rame-rame nuntut keadilan. Atau kayak teroris ini yang bunuh pangeran Austria ini yang akhirnya nyebabin perang dunia pertama. Tapi… apakah semua itu bisa dibenarkan?

Tentu saja… tidak! Ibaratnya, aksi teroris itu kayak sel-sel kanker yang tega ngebunuh sel lain tanpa pandang bulu. Tapi kalau kita mikir teroris itu psikopat yang suka membunuh, uh, itu kurang tepat, karena menurut penelitian para ahli mereka hanyalah manusia biasa. Bedanya, mereka selalu diajarin — atau istilah gampangnya, dicuci otaknya — kalau menyerang orang itu… diperbolehkan — asalkan sesuai sama tujuan kelompoknya.

Kalau melihat negeri sendiri, Indonesia punya sejarah yang bisa dibilang… kelam. Dari tahun ke tahun ada aja aksi terorisme yang bikin bangsa Indonesia… meneteskan air mata. Indeks Terorisme Global juga nempatin Indonesia di posisi yang bisa dibilang mengkhawatirkan. Artinya, bangsa ini masih punya masalah panjang yang harus diselesaikan.

Maka, kejahatan terorisme harus dihentikan! Karena, selain banyak nyawa telah berguguran — dan tidak boleh ada lagi yang menjadi korban — aksi terorisme juga bikin rupiah melemah, warga jadi takut kemana-mana, turis asing ogah ke Indonesia, dan bahkan bikin rakyat enggak lagi percaya sama pemerintah yang sedang bekerja. Akhirnya kekacauan di mana-mana dan kitalah yang selalu menjadi korbannya.

Dan itu udah terjadi di banyak negara! Misalnya kayak di Irak dan Suriah, yang teroris di sana bikin negara mereka hancur berantakan. Atau kayak Nigeria yang terorisnya ngelarang bahkan nembakin anak-anak yang pergi ke sekolah. Atau bahkan kayak di Somalia yang negaranya terkenal dengan, uh, bajak laut yang seram. Intinya, terorisme itu bikin negara jadi goncang dan sangat sangat sangat kacau.

Pada akhirnya, rasa takut mungkin saja kita rasakan. Tapi, kita tidak boleh kalah, tidak boleh lengah, tidak boleh lemah, apalagi menjadi bagian dari mereka! Kita mesti melawan segala teror dan ancaman, melawan kekerasan, serta melawan penyebaran ujaran-ujaran kebencian yang — jika dibiarkan — mungkin dari sanalah teroris bermunculan. Kini, kita mesti bersatu, bangkit, berjuang, dan bersama-sama, kita membela hak dasar manusia untuk bisa hidup, merdeka, dan bahagia. Dan seperti biasa, terimakasih!

References :

References:

https://www.scientificamerican.com/report/combating-terrorism-with-science1/

Bahaya Radikalisme dan Terorisme. (2015)

Global Terrorism Index. (2017)

https://www.scientificamerican.com/article/special-report-the-psychology-of-terrorism/

https://bisnis.tempo.co/read/1089625/teror-bom-di-indonesia-12-negara-keluarkan-travel-advice

https://www.thoughtco.com/the-causes-of-terrorism-3209053

https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2018/05/13/d00facb5-3a33-4cfe-8993-bf025eb51c4b.jpeg?a=1

https://www.cnbcindonesia.com/market/20180513174543-17-14726/nasib-rupiah-kala-teror-bom-merajalela

https://tradingeconomics.com/indonesia/terrorism-index

Vids:

https://www.youtube.com/watch?v=cb7ArmbIYIY crash course – science of terrorism

https://www.youtube.com/watch?v=7ZohjYKGZJM vox – our brain on terrorism

https://www.youtube.com/watch?v=oYuZLHkUD04 seeker – why do people become terrorist

 

Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s