Apa Yang Dimimpikan Orang Buta?

Meski setiap tidur kita sering bermimpi, kegiatan yang satu ini masih menjadi misteri. Katanya, mimpi itu penggambaran dari apa yang kita lihat dan alami sehari-hari. Tapi, sama seperti yang ditanyakan oleh Ryan, mungkin kita penasaran, bagaimana dengan orang buta? Bisakah orang buta bermimpi? Dan… seperti apa mimpinya?

Jawabannya.. tentu bisa! Tapi bukan mimpi yang kayak gini… tetapi bentuknya lebih banyak berupa suara, bau, sentuhan, rasa, atau bahkan, emosi. Kenapa bisa begitu?

Simpelnya, mimpi itu kayak rekaman yang diputar ulang ketika kita tidur. Jadiii, bentuk mimpi kita pun tergantung alat rekam yang kita punya. Makanya, meskipun engga bisa melihat, orang buta tetap bisa bermimpi karena punya indera lain yang masih berfungsi.

Ngomong-ngomong soal mimpi orang buta, ternyata menurut penelitian, mereka lebih sering ngalamin mimpi buruk dibanding orang dengan pengelihatan normal. Itu karena menurut para ahli, mimpi buruk adalah cara otak melatih kita untuk menghadapi ancaman dalam hidup. Makanya ga heran, orang buta yang — bisa dibilang menemui lebih banyak kesulitan dalam hidupnya — punya mimpi buruk lebih banyak dari mereka yang bisa melihat.

Pada akhirnya, bermimpi itu… milik kita semua. Jadi, sekarang kita bisa tahu kalau semua orang bisa mimpiin makanan favorit mereka dalam tidurnya. Dan seperti biasa, terima kasih.

References:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s