Kenapa Banyak Orang Rela Begadang Nonton Bola?

Meskipun udah 5 watt, kalau urusan nonton bola, mata yang udah berat pasti dipaksain biar jadi kuat! Tapiii, kenapa ya kita rela ngorbanin waktu tidur untuk nonton pertandingan bola di layar kaca?

Ternyata, setiap kali kita nonton sepak bola di tv, otak kita dibanjiri hormon — dari yang munculin perasaan bahagia — sampai hormon yang bikin kita stress waktu tim kesayangan lagi kebobolan. Hormon-hormon inilah yang bikin kita rela nukerin waktu istirahat dengan imbalan yang lebih bikin bahagia, yaitu… nonton sepak bola! Tapiii, kenapa sepak bola itu sendiri, seru untuk ditonton?

Jawabannya: drama! Ya, mirip-mirip sama sinetron telenovela kesukaan remaja, acara tv bertema mistis yang super dramatis, atau selebritis yang heboh di sosial media, sepak bola juga punya banyak cerita. Misalnya kayak waktu liat gocekan dan tendangan salto super keren, penyelamatan kiper yang terbang kayak superman, atau bahkan gol tangan tuhan ala Maradona yang bikin heboh seluruh dunia.

Alasan itu juga yang bikin kita teriak, jingkrak-jingkrak, atau bahkan sedih dan menangis. Yang jelas, perasaan-perasaan kayak gitu yang bikin kita betah nontonin 22 orang berlari di atas lapangan. Belum lagi unsur-unsur kayak lokasi tempat tinggal, tanah kelahiran, dan juga nasionalisme yang bikin kita punya ikatan emosional sama tim yang kita dukung. Hasilnya, kita pun rela tidur lebih larut demi melihat tim kesayangan kita lagi bertanding!

Tapi kalau kita hobi nonton bola malem-malem, ternyata kita engga sendirian. Misalnya kayak waktu lagi ada Piala Dunia, turnamen ini bisa nyedot hampir setengah isi penduduk bumi  dari seluruh belahan dunia — yang zona waktunya jauh berbeda — untuk begadang nonton turnamen empat tahun sekali ini. Sungguh sangat niat.

Jadi, sekarang kita tahu kenapa begadang nonton bola itu… mengasyikan. Sekarang, sebelum begadang nonton bola semalaman, jangan lupa siapin cemilan, hati-hati ketiduran, dan hindari bangun kesiangan. Dan seperti biasa, terima kasih.

References:

Advertisements

One Comment Add yours

  1. Riskisaputra9635 says:

    Kenapa di video kakak selalu bakso?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s