Bisakah Pesawat Terbang ke Luar Angkasa?

Setiap mau ke luar negeri, kita biasa naik pesawat terbang dari bandara. Tapi gimana kalau ke luar angkasa? Kenapa kita engga pake pesawat untuk terbang ke sana? Apakah kita bisa melakukannya?

Sayangnya, hal itu… nyaris mustahil! Sederhananya, untuk sampai ke luar angkasa, pesawat harus terbang melawan gaya gravitasi bumi. Artinya, pesawat harus melaju dengan sangat sangat sangaaat cepat! Padahal, pesawat tercepat yang ada sekarang aja kecepatannya kurang lebih cuma seperlima kecepatan yang dibutuhkan. Engga cuma itu, desain dan jenis bahan bakar pesawat juga engga memungkinkan terbang menembus atmosfer bumi. Kenapa bisa begitu?

Biar gampang, bayangin batas antara bumi dengan luar angkasa itu setara sama 11 gunung Everest yang ditumpuk. Nah, semakin dekat dengan luar angkasa, semakin tipis pula udara di sana! Akibatnya, gak ada molekul udara yang bisa mengangkat pesawat dan gak ada cukup oksigen untuk membakar bahan bakarnya! Akhirnya, pesawat pun akan kehilangan arah dan tujuan dan tentu aja ga akan kuat lama-lama terbang menembus awan. Oke, jadi, seberapa tinggi pesawat bisa melayang?

Nyatanya, pesawat yang biasa kita naikin hanya mampu terbang sampai 12 km aja. Meski begitu, manusia udah coba bikin pesawat yang terbang lebih tinggi, misalnya kayak pesawat ini yang terbang setinggi 18 km, atau kayak manusia super keren ini yang berhasil nerbangin pesawat sampai ketinggian 38 km! Daaan, faktanya, udah ada pesawat yang bisa terbang sedikit di atas atmosfer bumi. Tapi sebenernya pesawat ini dibawa naik setinggi 13 km dulu sebelum didorong oleh mesin roket.

Oke, kalau pesawat ngga bisa, kenapa roket bisa menembus atmosfer bumi dan menjelajah luar angkasa? Jawabannya itu singkatnya, karena roket dengan pesawat itu… Jelas beda! Kalau diibaratin, cara kerja roket mirip-mirip balon tiup yang dilepasin biar terbang. Intinya, roket itu dibikin sesimpel mungkin, dan roket butuh beberapa tingkat pendorong super kuat supaya bisa ngalahin gaya gravitasi bumi yang super kuat juga. Cerita soal teknologi roket sebenarnya bisa dibilang sederhana, tapi juga super super super kompleks untuk dipahami, dan itu adalah cerita untuk lain hari. Makanya, jangan lupa untuk subscribe dan tunggu pembahasan di video-video selanjutnya. *wink*

Untuk sekarang, terbang ke luar angkasa pakai pesawat terbang rasanya susah terlaksana. Tapi jangan berhenti bermimpi, karena mungkin saja di masa depan, kita bisa bikin bandara, yang letaknya ada di luar angkasa, yang jauh di sana. Dan seperti biasa, terima kasih!

References:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s