Apakah Sistem Kerja Kita Salah Selama Ini?

Apa yang kita bayangkan jika kita mendengar kata KANTOR? Pasti ga jauh-jauh dari hal yang kayak gini. Ngebayangin aturan yang ada di kantor dan ga lupa… lembur! Belum lagi pas pulang pun kita juga selalu ketemu sama yang kayak gini. Di akhir pekan waktu lagi pengen-pengennya ketemu keluarga atau sekedar bersenang-senang, kita malah udah terlalu…

Kenapa Ada Tumbuhan Di Bawah Laut?

Sebagai makhluk yang hidup di darat, kita tahu kanan-kiri kita selalu ada tanaman. Tapi, apa jadinya di bawah laut sana? Kenapa di bawah laut sana tidak ada hutan seperti di daratan? Ya, jadi, selama ini mungkin kita mengira bahwa tanaman disekeliling kita-lah yang dapat memberikan udara segar yang kita hirup, tapi ternyata hampir sekitar lima…

Kenapa Makanan Pokok Kita Nasi?

Siapa yang pernah dibilang belum makan cuma gara-gara gak pake nasi? Kalo iya, berarti kamu ada di Indonesia, negara pemakan nasi ketiga terbesar di dunia. Kira-kira, kenapa ya, kita doyan banget makan nasi? Di Indonesia, nasi banyak fans-nya karena berbagai faktor mulai dari relatif gampang nanamnya, murah harganya, enak rasanya, dan didukung program pemerintah. Tapi,…

Darimana Asal-Usul Alfabet yang Ada dalam Bahasa Indonesia?

Bahasa di seluruh Indonesia ada bejibun jumlahnya, apalagi di seluruh dunia. Meski begitu, sekarang kita dan sebagian besar penduduk dunia yang menggunakan aksara alfabet bisa mencatat berbagai pengetahuan, informasi dan saling memahami dari hampir semua orang di dunia, terima kasih pada alfabet yang mengabadikan pengetahuan umat manusia. Tapi omong-omong, siapa sih penemu simbol-simbol alfabet ini…

Seberapa Banyak Makanan yang Terbuang di Dunia ini? (Ft. IAAS)

Sering banget, kalo kita laper, biasanya ngambil makanannya langsung segini. Padahal pas dimakan, ujung-ujungnya… Ngga kuat. Akhirnya makanan lezat itu pun berakhir di tong ini. Dan mungkin skenario ini lah yang terus terjadi di tiap restoran, supermarket hingga acara kondangan tetangga kita! Pertanyaannya: seberapa banyak kah makanan yang terbuang sia-sia di dunia ini? Apakah kita…

Kenapa Manusia Ada yang Cadel?

Huruf “R” bagi beberapa orang Indonesia adalah sebuah kutukan. Karena bagi mereka, huruf “R” susah banget untuk disebut. Kondisi ini disebut sebagai “cadel”. Tapi, kita mungkin masih banyak yang bingung, sebetulnya orang bisa cadel karena penyakit, takdir ilahi, atau apa. Untuk itu, yuk telusuri seluk beluk cadel seperti yang ditanyakan oleh Ipul Putra ini. Menurut…

Kenapa Warna Kulit Manusia Berbeda-beda?

Kayaknya, masih banyak yang mikir kalau kita harus berkulit putih mulus biar dianggap cantik atau ganteng. Makanya, banyak yang kurang pede kalau kulitnya gelap. Kalau gitu, kenapa orang lahir dengan warna kulit yang berbeda-beda? Kenapa ga putih semua aja? Pada dasarnya, warna kulit kita sangat dipengaruhi beberapa senyawa kimia dalam tubuh, terutama melanin yang bisa…

Bisakah Manusia Punya Kekuatan Super Sungguhan? (Ft. I3L)

Ada kabar gembira buat kamu yang pengin punya kekuatan super. Meski kekuatan nembak jaring laba-laba masih agak maksa, beberapa kekuatan lain seperti otot dan tulang super ternyata bukan fiktif belaka. Dan pastinya beneran dimiliki beberapa manusia yang sepertinya bukan kita. Tapi, gimana cara dapatnya ya? Percaya nggak percaya, rahasianya ada pada perubahan permanen dalam rumus…

Apakah Indonesia Rawan Tsunami?

Sejak zaman baheula, kepulauan di Nusantara sudah terkenal sebagai biangnya gempa bumi. Sekilas info, dari 171 negara, Indonesia ranking 36 negara paling rawan bencana sedunia. Bahkan di 2004, salah satu gempa terdahsyat sepanjang sejarah mengguncang Aceh dan sekitarnya, lalu memicu tsunami raksasa. Kira-kira, mungkin nggak ya, bencana laut segede ini bisa terjadi lagi di masa…

Apakah Indonesia Butuh Senjata Nuklir?

Mungkin kita sering ga sadar kalau di luar sana, banyak pemimpin dunia yang terus sikut-sikutan. Ga heran, kita jadi bertanya-tanya apakah perang dunia ketiga akan terjadi. Dan… sementara kita masih perang-perangan pakai mercon, para pemimpin ini bisa perang-perangan pakai sesuatu yang ga main-main, seperti… senjata nuklir. Kalau sudah begini, kira-kira Indonesia butuh senjata nuklir juga…

Penyakit Apakah Masuk Angin Sebenarnya?

Buat kamu yang doyan kerokan, penyakit satu ini pasti sudah nggak asing lagi. Ya, masuk angin memang penyakit yang sudah mendarah daging dalam sanubari rakyat Indonesia. Tapi omong-omong, sebetulnya penyakit macam apa sih si masuk angin ini? Ada yang bilang, masuk angin ditandai dengan pusing-pusing, kembung, dan mual-mual. Tapi, orang yang meriang dan batuk pilek…

Apakah Manusia Bisa Hidup di Luar Angkasa?

Kalau lihat di film-film, kayaknya seru banget hidup di luar angkasa! Sayangnya, semua itu hanyalah fiksi belaka. Tapi, sebetulnya bisakah kita hidup, dan bahkan bikin negara sendiri, di luar angkasa? Ya, memang bumi adalah tempat paling enak se-alam semesta, bagi kita. Ada oksigen, air, makanan, dan uhh… internet. Badan kita pun masih bisa menyesuaikan diri…