Kenapa Kita Bisa Lupa?

Seandainya kita punya ingatan super kayak dokter satu ini, kita pasti ga perlu khawatir sama yang namanya ‘lupa’. Karena mungkin, kita semua pasti pernah mengalami situasi yang gawat cuma gara-gara lupa. Kenapa sih kita harus bisa lupa segala? Pada dasarnya, “lupa” terjadi saat kita gagal memanggil kembali memori yang pernah kita simpan sebelumnya. Emangnya, siapa…

Kenapa Harga Sembako Naik Menjelang Lebaran? (ft. IAAS)

Kita sering nyadar ga sih? Deket-deket Lebaran, entah gimana, banyak jenis bahan pokok yang mendadak kompakan naik harga. Kenapa tiap mau Lebaran bisa begini ya? Naiknya banyak harga sembako menjelang Lebaran di Indonesia bisa dibilang fenomena yang cukup ajaib. Selain jadi agenda tahunan, fenomena ini ternyata ga terjadi di negara tetangga yang mayoritas penduduknya juga…

Kenapa Mudik Jadi Tradisi di Indonesia?

Lebaran sebentar lagi! Setelah lama merantau di kota besar, yang langsung kepikiran di otak pastilah mudik, mudik, dan mudik. Tradisi mudik ini emang udah mendarah daging di Indonesia. Tapi sudah sejak kapan sih ada mudik? Dan kenapa harus ada mudik? Ngomongin mudik, pasti ingat antrean panjang di stasiun, kemacetan sampai di jalan-jalan tol, sampai sepeda…

Apakah Naga Benar-benar Ada di Zaman Dinosaurus?

Inilah naga! Seleb paling trending di dunia margasatwa. Saking hitz-nya, naga udah sering nampang di layar perak, layar kaca, sampai layar tancep. Meski katanya mitos, anehnya hampir semua kebudayaan di dunia tahu tentang naga. Yaitu reptil raksasa yang super berkuasa. Kalau gitu, jangan-jangan dulu naga memang pernah ada! Tapi kapan? Benarkah pada zaman dinosaurus? Awal…

Apa Yang Terjadi Jika Bulan Lenyap?

Bayangkan betapa menyedihkannya kehidupan kita tanpa Bulan. Ga ada lagi kenangan nyanyi ini, main game ini atau nonton anime ini. Tapi kabar baiknya… Juga ngga akan ada lagi dongeng tentang serigala-serigala ganteng! Kalau dibandingkan dengan matahari, buat kita Bulan mungkin tidak ada apa-apanya. Padahal jarak kita ke Bulan jauh lebih dekat dari Matahari. Kira-kira cuma…

Kenapa Kita Gampang Percaya Teori Konspirasi? (Ft. Juki)

Tunggu dulu. Jangan langsung asal percaya pada teori konspirasi. Gimana kalau itu ternyata cuma hoax? Teori konspirasi… oh teori konspirasi. Mulai dari Mamarika, Wahyudi, Remason, sampai Iluminasi. Tapi tahukah kita, apa sih teori konspirasi itu sebenarnya? Singkatnya, teori konspirasi adalah anggapan bahwa ada dalang di balik terjadinya suatu peristiwa, terutama kalau melibatkan hal-hal berbahaya, ilegal,…

Misteri Apa yang Ada di Laut Terdalam?

Dimana-mana, orang kalau mau bermimpi pasti lihatnya ke atas bukan ke bawah. Itu kenapa ilmuwan dari berbagai penjuru dunia terus berlomba-lomba mempelajari angkasa sampai akhirnya kita bisa mendarat di bulan, bahkan sebentar lagi… mendarat di Planet Mars! Saking terobsesinya dengan langit, kita sering ga sadar kalau sebetulnya misteri besar juga ada di bawah sana, seperti…

Benarkah Sistem Kebut Semalam Bikin Cepat Pintar?

Katanya tujuan kita sekolah itu buat cari ilmu. Tapi kayaknya, kita mungkin sekolah biar dapat nilai ujian sempurna aja. Alasannya biar disayang ortu lah, masuk sekolah favorit lah, biar ujung-ujungnya kita dapet jodoh bagus atau kerjaan yang bikin cepat kaya. Tapi seperti biasa, kita pasti suka mikir gimana caranya dapat untung sebesar-besarnya, dengan usaha sekecil-kecilnya….

Kenapa Beda Negara Beda Colokan Listrik?

Buat hipster muda kekinian yang doyan nge-blog atau nge-vlog, kesempatan jalan ke luar negeri pasti dimanfaatkan buat mengabadikan momen sebanyak-banyaknya. Tapi apa jadinya kalau sudah bawa seperangkat gadget canggih, tapi ternyata tidak bisa di-charge gara-gara soket colokan di negara tujuan beda dengan colokan dari rumah? Repot juga kan? Untuk itu, kali ini mari kita cari…

Kenapa Pesawat Bisa Terbang?

Dulu, ada masanya manusia cuma bisa bermimpi untuk bisaterbang. Untungnya, para penemu pendahulu kita tidak pernah menyerah sampai akhirnya, kita bisa terbang beneran. Terima kasih pada kemajuan ilmu pengetahuan, sekarang kita bahkan bisa terbang keliling dunia menggunakan pesawat terbang. Wright bersaudara sendiri mungkin bakal terheran-heran memikirkan bagaimana caranya kendaraan metal segede gaban ini bisa terbang….

Kenapa Jenis Kelamin ada 2? (Laki-laki dan Perempuan)

Sebagai orang Indonesia, kalau kita ditanya berapa jenis kelamin manusia, jawabannya gampang! Anak kecil juga tahu kalau jenis kelamin cuma ada 2, yaitu perempuan dan laki-laki. Tapi, seperti pertanyaan teman kita yang satu ini, bagaimana kalau kita bukan ditanya berapa, tapi kenapa jenis kelamin cuma ada 2? Selama ini, keberadaan 2 jenis kelamin kita terima…

Kenapa Nyala Api Bisa Bermacam-macam?

Kamu pasti pernah melihat api, kan? Kalau begitu, kamu pasti bisa menjawab pertanyaan ini. Sebetulnya, api itu warnanya apa sih? Mungkin ada yang pengin menjawab kuning, oranye, biru, atau bahkan hitam seperti ehm… api neraka. Terus, bagaimana dengan kembang api warna-warni tiap tahun baru? Jadi seperti teman-teman kita ini, apa kamu juga mulai penasaran soal…