Apa Bedanya Tubuh Kita Dengan Kera? (ft. KUARK Magz)

Kalau kita dikatai mirip kera, hal ini sebetulnya nggak salah-salah amat sih, meskipun nggak terlalu benar juga. Memangnya, dimana kesamaan dan perbedaan kita dengan para kera? Percaya nggak percaya, manusia dan simpanse punya DNA yang sangat mirip. Buktinya, kita sama-sama punya tangan dan kaki, yang sama-sama terdiri dari 5 jari, dengan jempol yang arahnya saling…

Benarkah Kegemukan Karena Faktor Keturunan? ft. Zywielab

Di seluruh dunia, hampir 40% orang dewasa mengalami kegemukan, bahkan sampai obesitas! Mungkin kita termasuk salah satunya. Tapi, sebetulnya apa yang bikin kita bisa kegemukan? Benarkah karena faktor keturunan? Singkatnya, ada beberapa kondisi yang bikin orang jadi kegemukan. Percaya atau nggak, ada kegemukan yang memang disengaja. Entah biar makin seksi, atau biar jadi tak tergoyahkan….

Ada Apa di Balik Segitiga Bermuda?

Suatu hari di awal abad ke-20, sebuah kapal berpenumpang 300 orang lenyap begitu saja di tengah Samudra Atlantik. Anehnya, kejadian serupa kembali terjadi, berkali-kali, di lokasi yang sama. Dari waktu ke waktu, kita mengenal lokasi misterius itu dengan nama Segitiga Bermuda, atau yang sering disebut juga… Devil’s Triangle. Sesungguhnya… ada rahasia apa di balik Segitiga…

Kenapa Matahari Bisa Terbakar Tanpa Oksigen? (Fusi Nuklir Explained)

Jauuuh di luar angkasa sana, matahari tampak seperti bola api raksasa. Tapi setelah 5 miliar tahun menyala, kenapa belum padam juga ya? Lebih aneh lagi, gimana caranya matahari bisa menyala di luar angkasa, padahal hampa udara? Kembali ke Bumi, api cuma bisa menyala kalau ada bahan bakar dan oksigen yang dipanaskan ke titik nyala. Makin…

Kenapa Sidik Jari Berbeda-beda?

Percaya ga sih, kalau di seluruh dunia, ternyata ada lebih dari 7 miliar pola sidik jari manusia, dan beda-beda semua! Gimana bisa sebanyak itu ya? Seandainya kita semua bikinan pabrik, sidik jari kita mungkin ga beda dengan bakso yang bentuknya bulat semua. Nyatanya, sidik jari kita adalah sesuatu yang ga ada duanya di dunia ini….

Apakah Ganja Buruk Bagi Kita?

Kalau bicara soal ganja, kira-kira mana yang lebih nempel di otak kalian? Di Indonesia, ganja dinilai ilegal, bikin kecanduan, dan merusak moral bangsa. Tapi, banyak juga, yang bilang ganja sebetulnya sangat bermanfaat. Lalu… mana yang sebetulnya benar? Di Indonesia, semua jenis ganja digolongkan sebagai narkotika yang sangat… sangat… sangat berbahaya bareng sama zat-zat lain yang…

Kenapa Kita Bisa Lupa?

Seandainya kita punya ingatan super kayak dokter satu ini, kita pasti ga perlu khawatir sama yang namanya ‘lupa’. Karena mungkin, kita semua pasti pernah mengalami situasi yang gawat cuma gara-gara lupa. Kenapa sih kita harus bisa lupa segala? Pada dasarnya, “lupa” terjadi saat kita gagal memanggil kembali memori yang pernah kita simpan sebelumnya. Emangnya, siapa…

Kenapa Harga Sembako Naik Menjelang Lebaran? (ft. IAAS)

Kita sering nyadar ga sih? Deket-deket Lebaran, entah gimana, banyak jenis bahan pokok yang mendadak kompakan naik harga. Kenapa tiap mau Lebaran bisa begini ya? Naiknya banyak harga sembako menjelang Lebaran di Indonesia bisa dibilang fenomena yang cukup ajaib. Selain jadi agenda tahunan, fenomena ini ternyata ga terjadi di negara tetangga yang mayoritas penduduknya juga…

Kenapa Mudik Jadi Tradisi di Indonesia?

Lebaran sebentar lagi! Setelah lama merantau di kota besar, yang langsung kepikiran di otak pastilah mudik, mudik, dan mudik. Tradisi mudik ini emang udah mendarah daging di Indonesia. Tapi sudah sejak kapan sih ada mudik? Dan kenapa harus ada mudik? Ngomongin mudik, pasti ingat antrean panjang di stasiun, kemacetan sampai di jalan-jalan tol, sampai sepeda…

Apakah Naga Benar-benar Ada di Zaman Dinosaurus?

Inilah naga! Seleb paling trending di dunia margasatwa. Saking hitz-nya, naga udah sering nampang di layar perak, layar kaca, sampai layar tancep. Meski katanya mitos, anehnya hampir semua kebudayaan di dunia tahu tentang naga. Yaitu reptil raksasa yang super berkuasa. Kalau gitu, jangan-jangan dulu naga memang pernah ada! Tapi kapan? Benarkah pada zaman dinosaurus? Awal…

Apa Yang Terjadi Jika Bulan Lenyap?

Bayangkan betapa menyedihkannya kehidupan kita tanpa Bulan. Ga ada lagi kenangan nyanyi ini, main game ini atau nonton anime ini. Tapi kabar baiknya… Juga ngga akan ada lagi dongeng tentang serigala-serigala ganteng! Kalau dibandingkan dengan matahari, buat kita Bulan mungkin tidak ada apa-apanya. Padahal jarak kita ke Bulan jauh lebih dekat dari Matahari. Kira-kira cuma…

Kenapa Kita Gampang Percaya Teori Konspirasi? (Ft. Juki)

Tunggu dulu. Jangan langsung asal percaya pada teori konspirasi. Gimana kalau itu ternyata cuma hoax? Teori konspirasi… oh teori konspirasi. Mulai dari Mamarika, Wahyudi, Remason, sampai Iluminasi. Tapi tahukah kita, apa sih teori konspirasi itu sebenarnya? Singkatnya, teori konspirasi adalah anggapan bahwa ada dalang di balik terjadinya suatu peristiwa, terutama kalau melibatkan hal-hal berbahaya, ilegal,…