Seberapa Lama Kita Tahan Enggak Makan?

Kalau nyium bau ayam geprek, rendang, martabak, dan tentunya, bakso, perut kita mendadak… berisik! Makanan emang jadi kebutuhan dasar manusia, dan tanpa mereka, tubuh kita engga lagi bisa ada di dunia. Tapi, mungkin kita bertanya-tanya, sebenarnya berapa lama sih kita bisa bertahan hidup tanpa makanan? Walaupun jawabannya tergantung berat badan, kondisi fisik, dan genetik, nyatanya,…

Mengapa Lama Berpuasa Berbeda-beda?

Panas dan teriknya cuaca di Indonesia bikin puasa terasa susah dihadapi. Padahaaal, puasa di Indonesia lamanya masih wajar-wajar aja, beda sama di luar negeri bisa aja kita puasa seharian atau bahkan super-super singkat! Tapiii, kenapa ya lama waktu berpuasa di tiap negara itu… beda-beda? Sederhananya, karena waktu puasa ditentuin sama kapan matahari terbit dan terbenam…

Apa itu Terorisme dan Mengapa Harus Kita Lawan?

Akhir-akhir ini, kita sering denger berita yang bikin kita… berduka! Aksi terorisme kembali bermunculan dan korban jiwa pun berjatuhan. Tapiii, sebenernya, apa itu terorisme dan kenapa ada orang yang tega melakukannya? Pendeknya, terorisme  itu perbuatan super super jahat karena hobinya nyerang dengan kekerasan, menebar teror dan ancaman, yang tujuannya bikin kita panik dan ketakutan. Alesannya…

Apakah Pawang Hujan Bisa Mengendalikan Hujan?

Selain tukang tambal ban pinggir jalan, Pak Ogah di tikungan, dan tukang urut langganan, ada satu profesi yang juga, uh, cuma ada di Indonesia. Dia adalah… pawang hujan! Jasanya sering dipake di acara-acara besar buat nahan air di awan biar engga jatuh ke daratan. Tapi, sebenernya, apakah benar pawang hujan bisa mencegah kita dari kebasahan?…

Kenapa Pendidikan Indonesia Belum Maju?

Zaman sekarang, kebutuhan dasar itu bukan cuma sandang, pangan, papan, tapi juga: pendidikan! Meski begitu, pendidikan di Indonesia bisa dibilang masih memprihatinkan. Indeks Pembangunan Manusia kita melorot di urutan bawah dan ranking pelajar kita ada di barisan depan dari belakang. Itu tentu aja, menyedihkan. Padahal, uang buat majuin pendidikan sampai 444 triliun rupiah alias 20%…

Benarkah Hantu Itu Ada?

  Kalau lagi kumpul sama temen, cerita soal hantu itu selalu… seru! Meskipun kalau abis denger ceritanya bikin kita takut ke toilet sendirian, cerita soal hantu enggak pernah habis dibahas. Meski begitu, keberadaan hantu masih diperdebatkan: beberapa orang bilang hantu itu engga ada, tapi banyak orang lain juga yang mengaku pernah menyaksikan wujudnya. Lantas pertanyaannya,…

Apakah Ujian Nasional Perlu Ada?

Setiap kali ujian nasional datang, rasanya kayak lagi menghadapi negara api yang datang menyerang. Rasanya dunia udah mau kiamat dan itu bikin kita belajar mati-matian sampai kepala pusing dan berasap. Emang sebenernya, buat apa sih ujian nasional? Dan apakah ujian nasional bener-bener, uhm, diperlukan? Intinya, mirip kayak penggaris, semua jenis ujian itu dibuat untuk ngukur…

Kenapa Ada Orang Makan Banyak Tetep Kurus?

Mirip sama masalah suku, agama, ras, dan antargolongan, isu berat badan itu, uhm, sensitif! Dan bagi sebagian orang, naikin berat badan itu susah banget! Rasanya udah makan banyak, tapi kok berat badan masih segitu-gitu aja. Dan sama kayak misteri segitiga bermuda, pertanyaan soal badan yang susah naik ini jadi salah satu misteri yang sampai sekarang…

Apa Yang Terjadi Jika Bumi Datar?

Sejak 2000 tahun lalu, manusia sudah tahu kalau bumi itu, bulat. Dari mulai zaman ngitung sudut matahari, penemuan hukum gravitasi, sampai bukti fotografi udah nunjukin bahwa bumi itu bentuknya mirip-mirip makanan favorit kita. Tapi, dari zaman dulu bahkan sampai sekarang, ada aja yang bilang bumi itu engga bulat, tapi… datar. Hmm, oke, engga apa-apa, meskipun…

Mengapa Mata Uang Setiap Negara Berbeda? Ngga Satu Aja?

Kalau kita pergi ke luar negeri kita pasti diribetin buat nukerin mata uang. Terus kita jadi kepikiran, kenapa sih mata uang harus beda? Dan bisa ga semua bakso di dunia dibeli pakai uang yang sama aja, jadi ga usah ribet nuker-nukerin lagi kalau uangnya beda? Singkatnya, mata uang yang beda-beda itu karena orang-orang dulu saling…

Bagaimana Kapal Dapat Terapung?

Waktu kecil, kita pasti pernah main di pinggir kolam terus iseng ngelempar batu ke dalam air. Waktu batunya tenggelem, kita pun bertanya-tanya, kenapa bisa begitu. Kita mungkin berpikir, hmm, mungkin karena batu itu berat. Tapi terus kita lihat kapal yang jauh lebih besar dan jauh lebih berat dan mereka bisa tetep mengapung dan engga tenggelem….

Kenapa Luar Angkasa Gelap?

Kita tahu bahwa alam semesta sangatlah besar, dan punya miliaran bintang di luar sana! Tapi kalo ada banyak bintang yang ukurannya pun jauh-jauh lebih besar dari matahari, kenapa luar angkasa itu… Gelap dan hitam? Meskipun kayaknya pertanyaannya gampang, tapi jawabannya itu ternyata ngga sesimpel yang kita kira. Penyebab kenapa luar angkasa itu gelap ternyata ada…