Benarkah Manusia Pernah Mendarat di Bulan?

Setiap tanggal 20 Juli jadi peringatan tentang pendaratan manusia pertama di bulan. Waktu itu, langkah kecil Neil Armstrong dan Buzz Aldrin jadi lompatan besar buat perkembangan teknologi dunia. Tapiii, dari dulu sampai sekarang, banyak yang engga yakin dan nuduh itu cuma akal-akalan bikinan NASA aja. Jadi, benarkah manusia pernah mendarat di bulan? Pendeknya, jawabannya tentu…

Seberapa Lama Kita Bisa Tahan Enggak Tidur?

Kalau lagi musim nonton bola, belajar buat ujian, atau bahkan ngerjain kerjaan yang engga ada habisnya, kita jadi akrab sama yang namanya… berdagang — hm, bukan, maksudnya — begadang! Meski sering dilarang sama raja dangdut Indonesia, kegiatan yang satu ini sering kita lakukan. Tapiii, sebenernya seberapa lama kita tahan enggak tidur? Dan… apakah begadang terus-terusan,…

Kenapa Kita Ngga Bisa Lepas Dari Gula?

Kalau lagi makan eskrim, coklat, permen, dan kue ulang tahun, pasti bikin kita… bahagia! Walaupun kata orang makanan manis bikin kita gendut, rasanya gula ga bisa lepas dari kehidupan. Tapiii, kenapa tubuh kita perlu gula? Enjoy the video! Singkatnya, tubuh kita perlu energi yang didapat dari gula! Ibaratnya, gula itu kayak batu bara yang bikin…

Kenapa Banyak Orang Rela Begadang Nonton Bola?

Meskipun udah 5 watt, kalau urusan nonton bola, mata yang udah berat pasti dipaksain biar jadi kuat! Tapiii, kenapa ya kita rela ngorbanin waktu tidur untuk nonton pertandingan bola di layar kaca? Ternyata, setiap kali kita nonton sepak bola di tv, otak kita dibanjiri hormon — dari yang munculin perasaan bahagia — sampai hormon yang…

Apa Yang Dimimpikan Orang Buta?

Meski setiap tidur kita sering bermimpi, kegiatan yang satu ini masih menjadi misteri. Katanya, mimpi itu penggambaran dari apa yang kita lihat dan alami sehari-hari. Tapi, sama seperti yang ditanyakan oleh Ryan, mungkin kita penasaran, bagaimana dengan orang buta? Bisakah orang buta bermimpi? Dan… seperti apa mimpinya? Jawabannya.. tentu bisa! Tapi bukan mimpi yang kayak…

Kenapa Indonesia Enggak Pernah Lolos Piala Dunia?

Jumlah penduduk Indonesia: 260 juta orang. Kita terbanyak keempat di Planet Bumi. Tapiii kenapa kok susah banget cari 11 orang yang jago main bola untuk bawa Indonesia ke piala dunia? Mungkin, pertanyaan itu sering banget kita denger. Tapi apakah banyaknya jumlah penduduk bikin tim nasional jadi gampang ngegolin gawang lawan? Sayangnya, jawabannya, enggak. Buktinya di…

Apa yang Terjadi Jika Kita Berhenti Minum?

Kepanasan, olahraga, dan kepedesan, bikin kita mendambakan.. Air! Beberapa jam kita ga minum aja rasanya mulut jadi kering, susah nelen makanan, dan.. Uh.. bau mulut 😦 Tapiii, kira-kira berapa lama ya tubuh kita bisa bertahan tanpa minum? Meskipun dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti kondisi tubuh, aktivitas yang kita lakukan, dan cuaca di sekitar, nyatanya,…

Seberapa Lama Kita Tahan Enggak Makan?

Kalau nyium bau ayam geprek, rendang, martabak, dan tentunya, bakso, perut kita mendadak… berisik! Makanan emang jadi kebutuhan dasar manusia, dan tanpa mereka, tubuh kita engga lagi bisa ada di dunia. Tapi, mungkin kita bertanya-tanya, sebenarnya berapa lama sih kita bisa bertahan hidup tanpa makanan? Walaupun jawabannya tergantung berat badan, kondisi fisik, dan genetik, nyatanya,…

Mengapa Lama Berpuasa Berbeda-beda?

Panas dan teriknya cuaca di Indonesia bikin puasa terasa susah dihadapi. Padahaaal, puasa di Indonesia lamanya masih wajar-wajar aja, beda sama di luar negeri bisa aja kita puasa seharian atau bahkan super-super singkat! Tapiii, kenapa ya lama waktu berpuasa di tiap negara itu… beda-beda? Sederhananya, karena waktu puasa ditentuin sama kapan matahari terbit dan terbenam…

Apa itu Terorisme dan Mengapa Harus Kita Lawan?

Akhir-akhir ini, kita sering denger berita yang bikin kita… berduka! Aksi terorisme kembali bermunculan dan korban jiwa pun berjatuhan. Tapiii, sebenernya, apa itu terorisme dan kenapa ada orang yang tega melakukannya? Pendeknya, terorisme  itu perbuatan super super jahat karena hobinya nyerang dengan kekerasan, menebar teror dan ancaman, yang tujuannya bikin kita panik dan ketakutan. Alesannya…

Apakah Pawang Hujan Bisa Mengendalikan Hujan?

Selain tukang tambal ban pinggir jalan, Pak Ogah di tikungan, dan tukang urut langganan, ada satu profesi yang juga, uh, cuma ada di Indonesia. Dia adalah… pawang hujan! Jasanya sering dipake di acara-acara besar buat nahan air di awan biar engga jatuh ke daratan. Tapi, sebenernya, apakah benar pawang hujan bisa mencegah kita dari kebasahan?…

Kenapa Pendidikan Indonesia Belum Maju?

Zaman sekarang, kebutuhan dasar itu bukan cuma sandang, pangan, papan, tapi juga: pendidikan! Meski begitu, pendidikan di Indonesia bisa dibilang masih memprihatinkan. Indeks Pembangunan Manusia kita melorot di urutan bawah dan ranking pelajar kita ada di barisan depan dari belakang. Itu tentu aja, menyedihkan. Padahal, uang buat majuin pendidikan sampai 444 triliun rupiah alias 20%…