Kenapa Tubuh Jadi Panas Kalau Sakit?

Waktu musim hujan menjelang, sakit pun sering datang. Daaan setiap mau sakit, seringkali tubuh kita jadi… demam dan panas! Itu bikin kita jadi males gerak, males makan, dan seribu males males yang lainnya. Tapi kenapa tubuh kita panas kalau mau sakit? Pendeknya, panas atau demam itu tanda kalau tubuh kita lagi sibuk perang melawan virus…

Mengapa Orang Mudah Percaya Hoax?

Sama kayak virus yang bikin flu di tubuh kita, kabar palsu itu… cepat menyebar ke mana-mana! Bedanya, kalau flu bisa diobatin dengan istirahat dan makan makanan yang sehat, hoax atau kabar palsu itu… butuh obat lebih kuat! Tapi — seperti yang ditanyakan Qatrunnada ini — kenapa orang gampang percaya hoax? Kenapa bisa cepat tersebar? Dan……

‘Uang’ Masa Depan: Akan Seperti Apa Nantinya?

Saat orang-orang berlomba ngumpulin duit, mungkin banyak yang ngga sadar satu hal: duit sendiri itu bisa berubah. Udah mulai banyak istilah, dalam tanda kutip, ‘duit baru’ yang katanya bisa gantiin duit kita. Bener nggak sih? Daaan makanya, dalam video kali ini, kita akan ngebahas pertanyaan itu, yaitu, kalo duit berubah, akan seperti apa nanti bentuk…

Benarkah di Masa Depan Tidak Ada Mal?

Dari dulu sampe sekarang, mal jadi tempat favorit semua orang. Tapi, waktu toko-toko online bermunculan, kita jadi ga perlu susah-susah keluar rumah karena belanja jadi semakin mudah. Kalau begitu, hmm, apakah di masa depan nanti mal akan tergantikan? Jawabannya… mungkin aja! Nyatanya, tiap tahun… keberadaan mal semakin turun. Misalnya kayak di Amerika sana, yang banyak…

Kenapa Rupiah Melemah (Lagi)?

Waktu liat berita tentang nilai tukar mata uang Indonesia terhadap dolar amerika yang makin dan makin merosot, seribu pertanyaan pun muncul di kepala kita: Kenapa rupiah melemah lagi? Kenapa itu bisa terjadi? Dan… apakah krisis ekonomi yang bikin ngeri bakal terulang kembali? Enggak, enggak, enggak, tenang aja!  Walau rupiah terlihat naik-naik ke puncak gunung, nyatanya…

Apa Jadinya Jika Internet Sedunia Tiba-tiba Menghilang?

Kalau internet tiba-tiba melambat, rasanya kayak ingin marah-marah sama tower terdekat. Bukan cuma buat update status di sosmed, nyatanya internet itu dipake buat baca berita, bersosial media, mesen taksi ke mana-mana, beli makanan enak, ngobrol sama temen, sampai nonton video ini. Tapi, bagaimana jika suatu hari nanti internet di dunia… tiba-tiba mati. Apa yang akan…

Bisakah Pesawat Terbang ke Luar Angkasa?

Setiap mau ke luar negeri, kita biasa naik pesawat terbang dari bandara. Tapi gimana kalau ke luar angkasa? Kenapa kita engga pake pesawat untuk terbang ke sana? Apakah kita bisa melakukannya? Sayangnya, hal itu… nyaris mustahil! Sederhananya, untuk sampai ke luar angkasa, pesawat harus terbang melawan gaya gravitasi bumi. Artinya, pesawat harus melaju dengan sangat…

Kenapa Indonesia Sering Kebakaran Hutan?

Setiap kali musim kemarau datang, kita pasti sering denger soal: kebakaran hutan! Hmm, hutan di Indonesia emang sering banget terbakar, dan kalau udah gitu, negara-negara tetangga pasti protes karena asapnya bikin nafas jadi sesak. Tapi sebenarnya, kenapa sih hutan Indonesia sering terbakar? Dan gimana cara ngatasinnya? Pendeknya, kebakaran hutan itu bisa terjadi secara alami karena…

Apa Jadinya Jika Indonesia Tidak Pernah Dijajah?

Selamat Hari Merdeka! Negara kita punya sejarah panjang untuk bisa lepas dari penjajahan. Dari mulai Portugis masuk ke Nusantara, terus Belanda datang dan menjajah kita, lalu Inggris, Belanda lagi, muncul Jepang, sampai akhirnya… kita merdeka. Meski sejarah tidak bisa diandaikan, tapi ayo coba kita pikirkan, apa jadinya jika kita, Indonesia, tidak pernah dijajah? Hmm, jika…

Kenapa Siku Kesetrum Kalau Terbentur?

Waktu lagi mau ngambil pulpen yang jatuh di kolong, tiba-tiba siku kita terbentur meja. Detik itu juga, ada sensasi tersetrum menjalar keseluruh tubuh yang bikin kita kaget, kesakitan, dan rasanya mau meneteskan air mata. Hmm… apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi? Intinya, karena saraf dalam tubuh kita… terbentur! Ya, kalau di bagian tubuh lain…

Kok Bisa Suara Orang Beda-Beda?

Suara orang itu… beda-beda! Ada yang kalau nyanyi nadanya lebih tinggi dari gedung pencakar langit, dan ada juga yang saking ngebassnya sampai bikin bumi bergetar. Tapiii, engga cuma tinggi rendah, setiap orang juga punya karakter suara yang, hmm, unik! Mungkin kita penasaran, kenapa suara orang bisa… beda-beda? Untuk tau jawabannya, kita mesti paham dulu: suara…

Apa Bedanya Pusing dan Sakit Kepala?

Waktu kecil kita pasti pernah nyobain muter-muter kayak gasing. Nah, waktu berhenti muter, rasanya semua benda di sekeliling kita pasti… masih ikutan muter-muter. Itu bikin kita sulit berdiri tegak, hingga akhirnya… terjatuh! Tapi.. kenapa kita bisa pusing? Dan apa bedanya sama sakit kepala? Pendeknya, pusing itu karena sensor keseimbangan — yang diatur sama salah satu…