Menjadi ‘Superpower’ Di Zaman Lampau

Di pesisir sungai terpanjang di Sumatera, kerajaan maritim terbesar pada masanya, berada. Konon katanya, pada masa kejayaan mereka, armada lautnya memegang kunci gerbang perdagangan di Laut Malaka, menguasai sebagian wilayah Asia Tenggara. Kerajaan inilah yang juga menjadi pusat bagi para penuntut ilmu agama Buddha. Inilah, Kerajaan Sriwijaya! Bagaimana kisah mereka? Kekuatan apa yang mereka punya?…

Apakah Monster Laut Benar-Benar Ada?

Liburan ke pantai itu emang seru dan menyenangkan. Tapi saat kita menyelam, kita pasti sering ngerasa ngeri ngeliat laut yang sangat dalam dan gelap. Rasa takut ini bikin kita mikir yang aneh-aneh. Adakah monster yang diam-diam mengintai kita dari laut dalam? Apakah monster laut itu… benar-benar ada? Jawabannya, ya. Jauh di bawah sana, pernah ada…

Tari Api Yang Penuh Misteri

Sakral dan tradisional. Puluhan orang duduk melingkari api, ramai-ramai bernyanyi, menciptakan musik mulut yang magis nan serasi dalam harmoni. Tangan-tangan melambai secara massal, menciptakan pertunjukkan kolosal. “Cak!” Begitu komando dibunyikan, acappella ala Indonesia ini pun… dimulai. Para penari kemudian bersahut-sahutan, seolah melantunkan sebuah mantra, menyihir siapapun yang mendengarnya. Inilah dia… Tari Kecak. Semakin dalam, semakin…

Kenapa Kita Hafal Bau?

Hidung manusia. Mungkin kita jarang nyadar, tapi banyak banget hal yang bikin kita inget sesuatu dari nyium suatu bau. Misalnya inget bau makanan, bau bunga di taman, atau bau badan yang bikin kita inget kalau kita belum mandi tiga hari. Oke, kenapa hidung bisa inget sama bau sesuatu? Apakah hidung kita… punya ingatan? Simpelnya, ini…

Apa Jadinya Kalau Ibu Kota Pindah?

Baru-baru ini, pemerintah kita ngumumin satu keputusan yang mencengangkan, katanya ibu kota negara kita bakal dipindahin. Meski belum pasti ke mana, tapi yang jelas bakal pindah dari Pulau Jawa — yang emang udah padet dan jadi tempat tinggal lebih dari setengah penduduk Indonesia. Tapi tunggu, emang kenapa mau dpindahin? Emang udah separah apa Jakarta? Daaan,…

Apakah Bunyiin Tangan Bahaya?

Kerja keras bagai KUDAAA bikin kita ngerasa capek dan pegel-pegel banget, sampe akhirnya — *sfx ckrekkk bunyiin tangan* — kita pun bunyiin jari tangan kita dan itu rasanya lega banget! Hmm, tapi karena bunyinya kadang nyeremin, kita mungkin penasaran, apakah jari tangan itu bikin tulang kita… keropos? Singkatnya, jawabannya… engga! Ini ternyata udah pernah di…

Seberapa Tinggi Manusia Bisa Tumbuh?

Waktu kita kecil, kita sering banget disuruh minum susu dan makan sayur yang banyak. Katanyaaa… biar kita tumbuh tinggi kayak jerapah. Buat beberapa dari kita, walaupun udah minum banyak susu, tetep aja gak tinggi-tinggi. Oke, sebenernya seberapa tinggi manusia bisa tumbuh? Apakah kita bisa tumbuh setinggi jerapah? Faktanya… enggak bisa. Nyatanya kalau ngukur orang tertinggi…

Gimana Cara Ngitung Cepet Hasil Pemilu?

Enggak kalah sama Bandung Bondowoso yang bikin banyak candi dalam semalam, lembaga survei juga bisa ngitung hasil pemilu dengan super super cepat. Tapi, kalau Bandung Bondowoso minta bantuan makhluk halus, apa lembaga survei minta tolong manusia super satu ini? Engga, engga, engga perlu bantuan makhluk halus atau manusia super, faktanya lembaga survei pakai sihir yang…

Bisakah Presiden Ada Dua?

Bosen ga sih!? Tiap hari jelang pemilu, pendukung kedua kubu berantem mulu, dan ga ada yang mau ngalah?? Makanya daripada berantem TERUS, bisa ngga sih presiden kita, Indonesia, ada dua aja? Apakah mungkin yang satu jadi shift siang dan yang satu jadi shift malem? Seperti yang mungkin udah kalian bayangin, kalo sekarang, jelas aja jawabannya…

Kenapa Negara Berutang?

Kalau liat unjuk rasa jaman sekarang, pasti sering banget denger kalau utang negara itu makin menumpuk dan katanya… negara bakal bangkrut! Itu bikin kita bertanya-tanya, kenapa negara berutang? Dan.. apakah negara kita terancam gulung tikar? Jawabannya, beda sama utang kita buat makan bakso yang cuma bikin kenyang, utang negara dipakai buat bikin ekonomi makin berkembang….

MRT, LRT, dan KRL: Apa Bedanya?

Jakarta! Penduduknya sekarang udah lebih dari 10 juta. Belom lagi jutaan lainnya yang dateng tiap hari pake motor, gerobak, dan mobil — yang bikin Jakarta, banyak diprediksi, bakal terancam ngga bisa gerak, pada tahun 2020. Makanya ide bikin transportasi massal, sebenernya udah ada dari  zaman Pak Habibie… Yaaang akhirnya, setelah sekian lama, baru sekarang transportasi…

Kenapa Calon Presiden Mesti Debat Dulu?

Debat… debat… debat melulu! Tunggu, jangan bandingin debat sama supir delman, debat yang satu ini… banyak penontonnya. Ya, debat calon presiden! Tempat buat para calon presiden ngejelasin program, saling tanya, dan saling unjuk keunggulan. Tapiii, buat apa sih debat presiden? Apakah itu bisa pengaruhin hampir dua ratus juta orang calon pemilih tahun ini? Nyatanya, para…