Mengapa Banyak Chinatown di Dunia?

Jumlahnya nyaris seperlima penduduk bumi, negara berpenduduk paling banyak di dunia. Saking gedenya, penduduk negeri ini bahkan sama kayak populasi Amerika Utara, Selatan, Australia, Selandia Baru, sampai Eropa Barat digabungin jadi satu! Tapiii, engga cuma itu, nyatanya penduduk negara yang satu ini juga… ada di mana-mana! Kenapa bisa begitu? Dan… apakah mereka akan menguasai dunia?!…

Mending Mana: Kekayaan Negara Dikelola Asing atau BUMN?

Banyak yang bilang, Indonesia itu sebenernya belom merdeka. Iya iya, emang penjajahnya udah pulang kampung ke negeri asalnya dari lama. Tapi beberapa kekayaan negara kita faktanya masih dikelola sama asing. Lalu, melihat itu, apakah kita cuma mau diem aja? Pilihannya cuma dua, mending mana: kekayaan negara kita dibiarin dikelola sama asing atau kita kuasain sendiri…

Apa Isi Di Dalam Lubang Hitam?

Black hole… salah satu objek di luar angkasa yang paling misterius. Ia begitu besar, namun tak dapat kita lihat. Ia begitu tenang, namun bisa melahap bintang. Satu pertanyaan besar masih menanti. Ada apa di dalam sana? Hingga sekarang, kita sendiri belum tahu pasti. Karena kita baru hanya bisa mengamati sebatas permukaannya saja. Karena saat kita…

Apa yang Terjadi Jika Kita Bunuh Semua Nyamuk?

Nyamuk… mungkin salah satu mahkluk yang paling dibenci di dunia. Kayaknya, segala cara dan senjata pun udah kita susun dan gunain untuk lenyapin si penghisap darah ini. Tapi tentu aja mereka ngga punah-punah! Nah, tapi, apa yang terjadi kalau kita bukan cuma bunuh nyamuk di rumah kita, tapi…semua nyamuk di dunia ini? Sebelum kita mulai…

Philtrum: Bagian Tubuh Kita Yang Misterius

Pas kita sekolah, kita diajarin buat ngenal semua bagian tubuh kita khususnya wajah, lewat lagu ataupun permainan. Nah,  ada satu bagian dari wajah yang namanya aneh yang disebut sebagai “philtrum!” Tapi masa sih masih ada bagian tubuh yang kita gatau? Di sebelah mana philtrum itu ada? Mulai dari asal-usul katanya, philtrum ini berasal dari bahasa…

Apa Jadinya Dunia Jika Uang Tiba-tiba Hilang?

Setiap hari, kita sering banget kan jajan, beli barang, bayar tukang ojek, atau mau jalan ke mall, pasti kita mesti ngeluarin uang buat ngebayar semuanya. Pokoknya, kalo punya uang enak banget rasanya, apalagi kalo udah masuk awal bulan. Tapi, pernah nggak sih mikir.. apa jadinya kalo di dunia.. semua uangnya lenyap? dan… apa kita bisa…

Seberapa Jauh Bumi dan Matahari?

Panasnya… kita rasain tiap hari! Kadang, kalau lagi terik-teriknya, benda ini rasanya cuma berjarak sejengkal aja dari ujung kepala. Tentu aja kenyataannya matahari itu jaraknya jauh jauh banget, tapiii, sebenernya seberapa jauh sih matahari dari tempat kita berada? Jawaban singkatnya: 150 juta kilometer! Tapi nyatanya otak kita engga terbiasa membayangkan jarak yang begitu jauhnya. Jadi,…

Seberapa Bobrok Indonesia Sekarang Gara-gara Korupsi?

Ibarat mahasiswa, pemerintah, dalam ngejalanin tugas negaranya, juga dapet nilai IPK. Dan yang paling gampang ketebak… *ahem*, nilai ini lah yang sering jeblok bagi negara kita, Indonesia. Bahkan, di pemilu nanti ini, nyatanya masih banyak para mantan… Bukan! Bukan mantan yang itu! Tapi mantan koruptor, yang bisa tetep jadi caleg lagi di pemilu nanti! Ada…

Apakah Kota Hilang Atlantis Benar-Benar Ada?

Ide tentang ‘Atlantis’, sebuah kota bawah laut yang hilang, merupakan salah satu pertanyaan terbesar dalam sejarah. Uniknya, meskipun dengan semua kecanggihan teknologi yang kita punya sekarang,  kita lebih paham tentang permukaan bulan dan mars, daripada… Permukaan bawah laut kita sekarang! Itulah yang menyebabkan jika bisa disimpulkan, pengetahuan kita tentang bawah laut sana, masih lah begitu…

Apa Jadinya Jika Tiba-tiba Bumi Berhenti Berputar?

Bumi kita selalu berputar tanpa henti, dari siang sampai malam, Januari hingga Desember. Tapi, apa jadinya jika suatu saat nanti… bumi kita… berhenti berputar? Oke, ketika Bumi berhenti mendadak, maka atmosfer masih akan bergerak mengikuti dengan super super kencang! Bayangin itu rasanya kayak mobil di jalan tol yang lagi ngebut ngerem mendadak. Akibatnya, bakal ada…

Kenapa Liburan Terasa Cepat Berlalu?

Pernah gaksih kalian udah nunggu-nunggu liburan, dan… dalam sekejap mata, liburan itu tau-taunya udah selesai.  Giliran kalo sekolah, kerja atau kuliah, kok malah lamaaaa banget…… hmm tapi kenapa bisa gitu ya? Oke,  pada dasarnya fenomena ini disebut sebagai “holiday paradox”. Meskipun pas kita ngejalanin libur itu berasa cepet, tapi setelah kita nengok lagi ke belakang,…

Berapa Banyak Emas Yang Ada di Freeport?

Apakah kalian sering denger tentang Freeport, tambang emas terbesar dan tersulit di dunia, yang ada di Papua? Tambang emas ini faktanya bisa bikin berantem para netizen. Karena lebih dari 51 tahun, tambang di Papua ini emang dimilikin oleh asing. Dan hal itu lah, yang munculin satu pertanyaan besar: emang seberapa berharga sih ‘harta karun’ yang…