Mana Lebih Banyak: Manusia Hidup atau Sudah Meninggal?

Baru-baru ini populasi dunia berhasil menembus angka 7,5 miliar orang. Bayangin, itu kayak kita punya 28 Indonesia di dunia, beserta populasi anak alay di dalamnya. Sungguh mengerikan. Tapi, pernahkah kalian bertanya, kalo sekarang udah banyak, lalu berapa sih jumlah manusia yang pernah lahir di dunia ini? Apakah benar satu anggapan yang bilang populasi kita yang…

Kenapa Kita Bisa Kecanduan Sesuatu?

Kata siapa kita cuma bisa kecanduan benda-benda terlarang. Padahal kecanduan bisa apa aja mulai dari kecanduan si dia, main hape, sampai makanan termasuk, ehm, …. Tapi, sebenarnya kenapa ya kita bisa kecanduan? Kecanduan gak akan terjadi sebelum kita menikmati sesuatu pertama kali. Pengalaman pertama yang menyenangkan itu membuat otak kita menghasilkan dopamin, zat yang membuat…

Sebuah Tradisi Khas Indonesia dari Sejak Dulu

Pada sekitar 2 abad lalu, beberapa tahun sebelum perang besar berkecamuk di tanah jawa, ada peristiwa HEBOH di keraton Yogya, Rupa-rupanya seorang Patih Yogyakarta yang berkuasa, harus menerima tamparan dari selop seorang pangeran Diponegoro dengan keras, waduh ada apa ini? Apakah ada kesalahan sangat fatal yang telah dilakukannya? Saatnya kita kembali ke masa lalu… menjelajah…

Kenapa Gunung Berapi Meletus?

Kayaknya lagi jamannya gunung-gunung jaman sekarang itu untuk saling lomba meletus. Faktanya, dari 1500 gunung berapi di seluruh dunia ternyata, jika dirata-ratakan, hampir setiap minggunya ada aja gunung api yang meletus. Tapi pertanyaannya: kenapa gunung berapi itu perlu meletus? Apakah gunung berapi itu memang perlu meletus seperti halnya anak ABG yang meletuskan jerawatnya? Pendeknya, semua…

Kenapa Belum Terjadi Perang Dunia Ketiga Sampai Sekarang?

Kalau kita ngeliat berita, kadang-kadang dunia kayaknya udah mau kiamat. Lalu satu pertanyaan: Dunia kita udah berkali-kali ngelewatin kejadian hampir kiamat, tapi kenapa ngga kiamat-kiamat!? Mungkin kiamat perang dunia 3 ngga dateng-dateng karena faktanya, dunia emang semakin damai. Jadi, kalo dibandingin, emang kita sekarang ngga ngerasain apa yang dialamin nenek-kakek kita dulu. Lalu, apa penyebabnya?…

Apakah Sistem Kerja Kita Salah Selama Ini?

Apa yang kita bayangkan jika kita mendengar kata KANTOR? Pasti ga jauh-jauh dari hal yang kayak gini. Ngebayangin aturan yang ada di kantor dan ga lupa… lembur! Belum lagi pas pulang pun kita juga selalu ketemu sama yang kayak gini. Di akhir pekan waktu lagi pengen-pengennya ketemu keluarga atau sekedar bersenang-senang, kita malah udah terlalu…

Kenapa Ada Tumbuhan Di Bawah Laut?

Sebagai makhluk yang hidup di darat, kita tahu kanan-kiri kita selalu ada tanaman. Tapi, apa jadinya di bawah laut sana? Kenapa di bawah laut sana tidak ada hutan seperti di daratan? Ya, jadi, selama ini mungkin kita mengira bahwa tanaman disekeliling kita-lah yang dapat memberikan udara segar yang kita hirup, tapi ternyata hampir sekitar lima…

Kenapa Makanan Pokok Kita Nasi?

Siapa yang pernah dibilang belum makan cuma gara-gara gak pake nasi? Kalo iya, berarti kamu ada di Indonesia, negara pemakan nasi ketiga terbesar di dunia. Kira-kira, kenapa ya, kita doyan banget makan nasi? Di Indonesia, nasi banyak fans-nya karena berbagai faktor mulai dari relatif gampang nanamnya, murah harganya, enak rasanya, dan didukung program pemerintah. Tapi,…

Darimana Asal-Usul Alfabet yang Ada dalam Bahasa Indonesia?

Bahasa di seluruh Indonesia ada bejibun jumlahnya, apalagi di seluruh dunia. Meski begitu, sekarang kita dan sebagian besar penduduk dunia yang menggunakan aksara alfabet bisa mencatat berbagai pengetahuan, informasi dan saling memahami dari hampir semua orang di dunia, terima kasih pada alfabet yang mengabadikan pengetahuan umat manusia. Tapi omong-omong, siapa sih penemu simbol-simbol alfabet ini…

Seberapa Banyak Makanan yang Terbuang di Dunia ini? (Ft. IAAS)

Sering banget, kalo kita laper, biasanya ngambil makanannya langsung segini. Padahal pas dimakan, ujung-ujungnya… Ngga kuat. Akhirnya makanan lezat itu pun berakhir di tong ini. Dan mungkin skenario ini lah yang terus terjadi di tiap restoran, supermarket hingga acara kondangan tetangga kita! Pertanyaannya: seberapa banyak kah makanan yang terbuang sia-sia di dunia ini? Apakah kita…

Kenapa Manusia Ada yang Cadel?

Huruf “R” bagi beberapa orang Indonesia adalah sebuah kutukan. Karena bagi mereka, huruf “R” susah banget untuk disebut. Kondisi ini disebut sebagai “cadel”. Tapi, kita mungkin masih banyak yang bingung, sebetulnya orang bisa cadel karena penyakit, takdir ilahi, atau apa. Untuk itu, yuk telusuri seluk beluk cadel seperti yang ditanyakan oleh Ipul Putra ini. Menurut…

Kenapa Warna Kulit Manusia Berbeda-beda?

Kayaknya, masih banyak yang mikir kalau kita harus berkulit putih mulus biar dianggap cantik atau ganteng. Makanya, banyak yang kurang pede kalau kulitnya gelap. Kalau gitu, kenapa orang lahir dengan warna kulit yang berbeda-beda? Kenapa ga putih semua aja? Pada dasarnya, warna kulit kita sangat dipengaruhi beberapa senyawa kimia dalam tubuh, terutama melanin yang bisa…