Seberapa Banyak Makanan yang Terbuang di Dunia ini? (Ft. IAAS)

Sering banget, kalo kita laper, biasanya ngambil makanannya langsung segini. Padahal pas dimakan, ujung-ujungnya… Ngga kuat. Akhirnya makanan lezat itu pun berakhir di tong ini. Dan mungkin skenario ini lah yang terus terjadi di tiap restoran, supermarket hingga acara kondangan tetangga kita! Pertanyaannya: seberapa banyak kah makanan yang terbuang sia-sia di dunia ini? Apakah kita…

Kenapa Manusia Ada yang Cadel?

Huruf “R” bagi beberapa orang Indonesia adalah sebuah kutukan. Karena bagi mereka, huruf “R” susah banget untuk disebut. Kondisi ini disebut sebagai “cadel”. Tapi, kita mungkin masih banyak yang bingung, sebetulnya orang bisa cadel karena penyakit, takdir ilahi, atau apa. Untuk itu, yuk telusuri seluk beluk cadel seperti yang ditanyakan oleh Ipul Putra ini. Menurut…

Kenapa Warna Kulit Manusia Berbeda-beda?

Kayaknya, masih banyak yang mikir kalau kita harus berkulit putih mulus biar dianggap cantik atau ganteng. Makanya, banyak yang kurang pede kalau kulitnya gelap. Kalau gitu, kenapa orang lahir dengan warna kulit yang berbeda-beda? Kenapa ga putih semua aja? Pada dasarnya, warna kulit kita sangat dipengaruhi beberapa senyawa kimia dalam tubuh, terutama melanin yang bisa…

Bisakah Manusia Punya Kekuatan Super Sungguhan? (Ft. I3L)

Ada kabar gembira buat kamu yang pengin punya kekuatan super. Meski kekuatan nembak jaring laba-laba masih agak maksa, beberapa kekuatan lain seperti otot dan tulang super ternyata bukan fiktif belaka. Dan pastinya beneran dimiliki beberapa manusia yang sepertinya bukan kita. Tapi, gimana cara dapatnya ya? Percaya nggak percaya, rahasianya ada pada perubahan permanen dalam rumus…

Apakah Indonesia Rawan Tsunami?

Sejak zaman baheula, kepulauan di Nusantara sudah terkenal sebagai biangnya gempa bumi. Sekilas info, dari 171 negara, Indonesia ranking 36 negara paling rawan bencana sedunia. Bahkan di 2004, salah satu gempa terdahsyat sepanjang sejarah mengguncang Aceh dan sekitarnya, lalu memicu tsunami raksasa. Kira-kira, mungkin nggak ya, bencana laut segede ini bisa terjadi lagi di masa…

Apakah Indonesia Butuh Senjata Nuklir?

Mungkin kita sering ga sadar kalau di luar sana, banyak pemimpin dunia yang terus sikut-sikutan. Ga heran, kita jadi bertanya-tanya apakah perang dunia ketiga akan terjadi. Dan… sementara kita masih perang-perangan pakai mercon, para pemimpin ini bisa perang-perangan pakai sesuatu yang ga main-main, seperti… senjata nuklir. Kalau sudah begini, kira-kira Indonesia butuh senjata nuklir juga…

Penyakit Apakah Masuk Angin Sebenarnya?

Buat kamu yang doyan kerokan, penyakit satu ini pasti sudah nggak asing lagi. Ya, masuk angin memang penyakit yang sudah mendarah daging dalam sanubari rakyat Indonesia. Tapi omong-omong, sebetulnya penyakit macam apa sih si masuk angin ini? Ada yang bilang, masuk angin ditandai dengan pusing-pusing, kembung, dan mual-mual. Tapi, orang yang meriang dan batuk pilek…

Apakah Manusia Bisa Hidup di Luar Angkasa?

Kalau lihat di film-film, kayaknya seru banget hidup di luar angkasa! Sayangnya, semua itu hanyalah fiksi belaka. Tapi, sebetulnya bisakah kita hidup, dan bahkan bikin negara sendiri, di luar angkasa? Ya, memang bumi adalah tempat paling enak se-alam semesta, bagi kita. Ada oksigen, air, makanan, dan uhh… internet. Badan kita pun masih bisa menyesuaikan diri…

Apakah di Indonesia Bisa Turun Salju?

Kalau di luar lagi panas-panasnya, kita mungkin langsung kebayang gimana serunya kalau turun salju. Tapi, sebetulnya bisa nggak sih, salju turun di negara tropis seperti Indonesia? Rupanya, supaya salju bisa turun di suatu wilayah, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Dan umumnya, hanya daerah subtropis dan Kutub saja yang bisa memenuhinya! Hujan salju cuma bisa…

Siapakah Garuda Yang Ada di Lambang Negara Indonesia?

Perkenalkan Garuda Pancasila! Sang garuda gagah lambang pemersatu negara Indonesia. Namun, siapakah sosok garuda sebenarnya? Benarkah burung Garuda memang benar-benar ada? Di seluruh dunia, ternyata ada dua negara yang menjadikan garuda sebagai lambang negara. Tapi kalau dibandingkan, garuda milik Indonesia memang lebih terasa “burung banget”. Mungkin inilah yang sering bikin kita penasaran, jangan-jangan garuda ini…

Apa Bedanya Tubuh Kita Dengan Kera? (ft. KUARK Magz)

Kalau kita dikatai mirip kera, hal ini sebetulnya nggak salah-salah amat sih, meskipun nggak terlalu benar juga. Memangnya, dimana kesamaan dan perbedaan kita dengan para kera? Percaya nggak percaya, manusia dan simpanse punya DNA yang sangat mirip. Buktinya, kita sama-sama punya tangan dan kaki, yang sama-sama terdiri dari 5 jari, dengan jempol yang arahnya saling…

Benarkah Kegemukan Karena Faktor Keturunan? ft. Zywielab

Di seluruh dunia, hampir 40% orang dewasa mengalami kegemukan, bahkan sampai obesitas! Mungkin kita termasuk salah satunya. Tapi, sebetulnya apa yang bikin kita bisa kegemukan? Benarkah karena faktor keturunan? Singkatnya, ada beberapa kondisi yang bikin orang jadi kegemukan. Percaya atau nggak, ada kegemukan yang memang disengaja. Entah biar makin seksi, atau biar jadi tak tergoyahkan….