Kenapa Siku Kesetrum Kalau Terbentur?

Waktu lagi mau ngambil pulpen yang jatuh di kolong, tiba-tiba siku kita terbentur meja. Detik itu juga, ada sensasi tersetrum menjalar keseluruh tubuh yang bikin kita kaget, kesakitan, dan rasanya mau meneteskan air mata. Hmm… apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi? Intinya, karena saraf dalam tubuh kita… terbentur! Ya, kalau di bagian tubuh lain…

Kok Bisa Suara Orang Beda-Beda?

Suara orang itu… beda-beda! Ada yang kalau nyanyi nadanya lebih tinggi dari gedung pencakar langit, dan ada juga yang saking ngebassnya sampai bikin bumi bergetar. Tapiii, engga cuma tinggi rendah, setiap orang juga punya karakter suara yang, hmm, unik! Mungkin kita penasaran, kenapa suara orang bisa… beda-beda? Untuk tau jawabannya, kita mesti paham dulu: suara…

Apa Bedanya Pusing dan Sakit Kepala?

Waktu kecil kita pasti pernah nyobain muter-muter kayak gasing. Nah, waktu berhenti muter, rasanya semua benda di sekeliling kita pasti… masih ikutan muter-muter. Itu bikin kita sulit berdiri tegak, hingga akhirnya… terjatuh! Tapi.. kenapa kita bisa pusing? Dan apa bedanya sama sakit kepala? Pendeknya, pusing itu karena sensor keseimbangan — yang diatur sama salah satu…

Bisakah Kita Menggali Menembus Bumi?

Menembus angkasa itu… udah biasa. Dari zaman dulu, manusia berhasil berkali-kali terbang menembus lapisan awan. Tapi… bisakah kita… menggali menembus bumi? Sayangnya, jawabannya… enggak bisa:( Semakin ke dalam, semakin panas juga suhu bumi! Diperkirakan, inti bumi bisa sampe 6000 derajat celcius atau setara suhu permukaan matahari. Nyatanya, penggalian terjauh yang pernah manusia coba cuma bisa…

Kenapa Kita Suka Lupa Mau Ngomong Apa?

Sering nggak sih, waktu kita lagi siap-siap mau ngasih tau sesuatu, tiba-tiba kita jadi susah banget ngucapin apa yang rasanya tadi udah ada di pikiran. Hmm, kita pun sadar, kita lupa mau ngomong apa! Tapi, kenapa itu bisa terjadi? Apakah itu tanda jangan-jangan kita udah mulai… pikun??? Intinya, lupa mau ngomong apa itu terjadi, gara-gara…

Seberapa Cepat Manusia Bisa Berlari?

Baru-baru ini seorang pelari muda Indonesia bikin kita bangga. Akhirnya, ada orang Indonesia yang juara lari di tingkat dunia dan itu sungguh luar biasa. Ngomong-ngomong soal lari, sebenernya, seberapa cepat kita — manusia — bisa berlari? Kalau dilihat dari rekornya, pelari tercepat di dunia berhasil melesat 100 meter dalam kurang dari 10 detik. Kalau diibaratin,…

Benarkah Manusia Pernah Mendarat di Bulan?

Setiap tanggal 20 Juli jadi peringatan tentang pendaratan manusia pertama di bulan. Waktu itu, langkah kecil Neil Armstrong dan Buzz Aldrin jadi lompatan besar buat perkembangan teknologi dunia. Tapiii, dari dulu sampai sekarang, banyak yang engga yakin dan nuduh itu cuma akal-akalan bikinan NASA aja. Jadi, benarkah manusia pernah mendarat di bulan? Pendeknya, jawabannya tentu…

Seberapa Lama Kita Bisa Tahan Enggak Tidur?

Kalau lagi musim nonton bola, belajar buat ujian, atau bahkan ngerjain kerjaan yang engga ada habisnya, kita jadi akrab sama yang namanya… berdagang — hm, bukan, maksudnya — begadang! Meski sering dilarang sama raja dangdut Indonesia, kegiatan yang satu ini sering kita lakukan. Tapiii, sebenernya seberapa lama kita tahan enggak tidur? Dan… apakah begadang terus-terusan,…

Kenapa Kita Ngga Bisa Lepas Dari Gula?

Kalau lagi makan eskrim, coklat, permen, dan kue ulang tahun, pasti bikin kita… bahagia! Walaupun kata orang makanan manis bikin kita gendut, rasanya gula ga bisa lepas dari kehidupan. Tapiii, kenapa tubuh kita perlu gula? Enjoy the video! Singkatnya, tubuh kita perlu energi yang didapat dari gula! Ibaratnya, gula itu kayak batu bara yang bikin…

Kenapa Banyak Orang Rela Begadang Nonton Bola?

Meskipun udah 5 watt, kalau urusan nonton bola, mata yang udah berat pasti dipaksain biar jadi kuat! Tapiii, kenapa ya kita rela ngorbanin waktu tidur untuk nonton pertandingan bola di layar kaca? Ternyata, setiap kali kita nonton sepak bola di tv, otak kita dibanjiri hormon — dari yang munculin perasaan bahagia — sampai hormon yang…

Apa Yang Dimimpikan Orang Buta?

Meski setiap tidur kita sering bermimpi, kegiatan yang satu ini masih menjadi misteri. Katanya, mimpi itu penggambaran dari apa yang kita lihat dan alami sehari-hari. Tapi, sama seperti yang ditanyakan oleh Ryan, mungkin kita penasaran, bagaimana dengan orang buta? Bisakah orang buta bermimpi? Dan… seperti apa mimpinya? Jawabannya.. tentu bisa! Tapi bukan mimpi yang kayak…

Kenapa Indonesia Enggak Pernah Lolos Piala Dunia?

Jumlah penduduk Indonesia: 260 juta orang. Kita terbanyak keempat di Planet Bumi. Tapiii kenapa kok susah banget cari 11 orang yang jago main bola untuk bawa Indonesia ke piala dunia? Mungkin, pertanyaan itu sering banget kita denger. Tapi apakah banyaknya jumlah penduduk bikin tim nasional jadi gampang ngegolin gawang lawan? Sayangnya, jawabannya, enggak. Buktinya di…