Bisakah Presiden Ada Dua?

Bosen ga sih!? Tiap hari jelang pemilu, pendukung kedua kubu berantem mulu, dan ga ada yang mau ngalah?? Makanya daripada berantem TERUS, bisa ngga sih presiden kita, Indonesia, ada dua aja? Apakah mungkin yang satu jadi shift siang dan yang satu jadi shift malem?

Seperti yang mungkin udah kalian bayangin, kalo sekarang, jelas aja jawabannya ya ngga bisa! Karena, pemerintah kita yang dulu, lewat buku panduan negara ini bilang, mustahil buat kita punya dua presiden. Tapi, apa alasannya?

Alasannya, kalo kita punya 2 presiden sekaligus, timbul potensi kalo mereka suatu saat bisa aja berantem dan bahayain kita semua. Contohnya sendiri dalam sejarah udah banyak banget. Misalnya di jaman Romawi, biasanya kalo ada dua pemimpin yang berkuasa, salah satunya akan punya ending yang mengenaskan! Dan contoh lainnya, banyak negara yang pecah jadi dua gara-gara pemimpinnya berantem.

Tapi tunggu dulu. Kalo dibikin contoh paling mirip, sistem raja dan perdana menteri kayak di Inggris, bisa ngegambarin gimana dua orang bisa sama-sama punya kuasa dan berjalan berdampingan. Tapi itu bukan artinya kita, Indonesia, perlu lagi ngangkat seorang raja. Karena justru, contoh-contoh sejarah tadi harusnya jadi tamparan buat kita yang hidup di jaman sekarang. Meskipun nyoblos itu kayak ga penting, tapi berapa banyak orang di luar sana sepanjang sejarah, cuma bisa bermimpi suatu hari setidaknya mereka punya pilihan?

Jadi, terlepas presiden kita satu apa dua, ngatur negara ini bayangin kayak punya playlist lagu di Spotify. Kalo kita yang muda diem, apakah kalian mau playlistnya disetel sama orang-orang tua dengan lagu jadul 70an?? Atau… Kalian bisa bikin dan milih playlist negara kita ini, jadi lagu anak muda jaman sekarang, karena kita lah yang akan hidup di negara ini di masa depan. Dan seperti biasa, terima kasih!

Leave a comment